MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 1)

  BAHASA PEMROGRAMAN
JAVA


(Makalah ini diajukan untuk memnuhi tugas
mata kuliah Baha Pemrograman 1)


Disusun Oleh :
NAMA           : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM               : 20160910027
KELAS          : SISTEM INFORMASI 2016 A





UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER






KATA  PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah Filsafat Ilmu.
Tujuan utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Bahasa Pemrograman 1, dan penulis mengambil judul “BAHASA PEMROGRAMAN JAVA”. Tujuan selanjutnya untuk para pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi mengenai segala dasar mengenai bahasa pemrograman Java.
Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik di masa mendatang.
Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat  tersusun dengan baik


Kuningan, Oktober 2017


Penulis



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................... i
DAFTAR ISI .............................................................................................. ii
BAB I      : PENDAHULUAN                                                                   
1.1.  Latar Belakang......................................................... 1
1.2. Tujuan ...................................................................... 3
BAB II     : ISI
2.1.  Pengertian Bahasa Java ........................................ 4
2.2.  Sejarah Bahasa Java  ............................................. 5
2.3.  Karakteristik Bahasa Java ...................................... 6
2.4.  Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Java .............. 8
2.5.  Elemen Dasar Bahasa Java ................................... 10
2.6.  Struktur Dasar Bahasa Java ................................... 17
2.7.  Post Test Modul 1 ................................................... 20
BAB III    : PENUTUP
3.1.  Kesimpulan ............................................................. 23

DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang

Perkembangan Globalisasi informasi dan konvergensi diabad ke-21 ini telah dan sedang mengalami gencar-gencarnya inovasi dan kreatifitas dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi pengetahuan sekarang ini menyebabkan manusia berusaha untuk mampu dan bisa merealisasikan mimpi-mimpi masa lalu. Perangkat keras yang lebih baik, perangkat pengolahan yang lebih kecil namun berlipat ganda kuatnya, dan dengan berbagai kombinasi perangkat lunak yang lebih besar dan kompleks dan ini sekaligus juga mudah dipakai, lebih handal, bahkan gratis untuk Open Source software, di tambah lagi dengan perkembangan jaringan baik itu Internet maupun wireless network dalam fase inflasioner dengan beraneka ragam perangkat keras dan lunak di dalamnya.
Perkembangan software yang sangat cepat, membuat kita seharusnya selalu ingin tahu teknologi apa yang paling baru yang sedang beredar. Bilang saja dalam perkembangan software yang selalu berinovasi ini yang mencoba mampu digunakan dan padat berjalan bukan saja dalam ranah PC/Dekstop ataupun Laptop, nanun juga dapat berjalan dalam  piranti-piranti yang ada di rumah (small embedded customer device) seperti TV, telepon/ handpone/ Smartphone, radio, dan sebagainya supaya dapat berkomunikasi satu sama lain. Dan hal ini ternyata sudah dilakukan oleh java, sebuah platform bahasa pemrograman yang sederhana, namun mampu dan telah melakukan berbagai hal-hal diatas.
Dari berbagai latarbelakang perkembangan teknologi informasi dimasa sekarang dan kenyataan eksistensi perkembangan software. Dalam kesempatan ini akan membahas bahasa pemrograman java, sebagai sebuah peralatan pembuat software yang telah teruji dan produknya paling banyak berkembanga dan beredar dimasa sekarang. Mengapa penting kita belajar java?
Standarisasi yang dilakukan dalam membuat suatu bahasa pemrograman yang mampu berjalan diberbagai platform atau platform independence. Salah satu teknologi Java adalah  “write once run everywhere”, dan ini menjadi suatu kekuatan yang dimiliki Java. Java dijalankan pada sistem operasi apapun tanpa perlu kompilasi ulang. Untuk komunikasi bergerak,  Sun Microsystem mengenalkan  Java 2 Micro Edition (J2ME) merupakan bagian teknologi Java yang digunakan untuk aplikasi Java yang berjalan pada perangkat mobile device dan teknologi aplikasi wireless. J2ME atau Java 2 Micro Edition adalah sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi pada ponsel/ smartphone, mulai dari aplikasi yang berupa permainan, editing, komunikasi sampai dengan aplikasi ponsel sebagai pendukung aplikasi yang lebih besar. Keberadaan J2ME digunakan sebagai pusat pengembang untuk aneka teknologi java untuk device micro diantaranya adalah Personal Java, Java Card, MIDP, dll.
Java adalah sebuah platform teknologi pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Pertama kali di release tahun 1991 dengan nama kode Oak yang kemudian pada tahun 1995 berganti menjadi Java. Visi Java adalah untuk membuat sebuah bahasa pemrograman yang portable dan independent terhadap platform (platform independent). Java dapat membuat perangkat lunak yang dapat ditanamkan (embedded) pada berbagai mesin dan peralatan konsumer, seperti handphone, microwave, remote control, dan lain-lain. Dan hal inilah yang sedang berkembanga pesat dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam hal pemrograman untuk teknologi ponsel smartphone.


1.2         Tujuan

Tujuan dari penyusunan Makala ini adalah:
a.      Sebagai syarat untuk menyelesaikan mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi.
b.      Sebagai bahan pembelajaran mengenai perkembangan teknologi informasi khususnya bahasa pemrograman Java.
c.      Dapat memahami, mengerti dan mendalami tentang teknologi Java, yang meliputi:
1.    Pengertian Bahasa Java
2.    Sejarah Bahasa Java
3.    Karakteristik Bahasa Java
4.    Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Java
5.    Elemen Dasar Bahasa Java
6.    Struktur Dasar Bahasa Java
BAB II
ISI

2.1         Pengertian Bahasa Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web, mobile dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. Bahasa Pemrograman Java ini berorientasi objek (OOP-Object Oriented Programming), dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source. Dengan slogannya “Write once, run anywhere”.

Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana. Aplikasi aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose).

2.2         Sejarah Bahasa Java

Bahasa ini resmi rilis pada tahun 1995, dan sebelum itu mengalami banyak perubahan sampai menjadi bahasa pemrograman yang utuh. Pada tahun 1991, dibentuknya suatu tim yang diberi nama “Green”. Tim ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling. Java sendiri dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan dari perusahaan Sun Microsystems, Inc yang merupakan bagian dari Oracle.

Awalnya mereka ingin membuat suatu bahasa komputer yang dapat digunakan oleh TV kabel ( Cable TV Box) yang memiliki memori kecil dan setiap perusahaan memiliki tipe yang berbeda. Untuk mengaplikasikan hal tersebut mereka menggunakan hal yang pernah dicoba oleh bahasa pascal.

Mereka membutuhkan kurang lebih 18 bulan untuk membuat versi pertamanya. Pada tahun 1992 tim green membuat produknya yang diberi nama *7 (Star Seven), namun produk ini gagal dipasaran.

Setelah itu dibuat produk yang baru yang menjadi cikal bakal Java, pada awalnya bahasa pemrograman yang dibuat tersebut diberi nama “Oak“ (Kemungkinan nama ini diambil dari nama pohon yang ada didepan jendela James Gosling), tapi kemudian diubah menjadi “Java” pada tahun 1995 karena nama “Oak” telah dijadikan hak cipta dan digunakan sebagai bahasa pemrograman lainnya.

Antara pembuatan Oak pada musim gugur 1992 hingga diumumkan ke publik pada musim semi 1995, banyak orang yang terlibat dalam desain dan evolusi bahasa ini. Bill Joy, Arthur van Hoff, Jonathan Payne, Frank Yellin, dan Tim Lindholm merupakan kontributor kunci yang mematangkan prototipe aslinya.



2.3         Karakteristik Bahasa Java

Berikut ini adalah macam - macam Karakteristik Java :
-          Sederhana
Bahasa pemrograman Java menggunakan sintaks mirip dengan C++ namun sintaks pada Java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.

-          Berorientasi objek (Object Oriented)
Java mengunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman 1-4 berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.

-          Dapat didistribusi dengan mudah
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.

-          Interpreter
Program Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.

-          Robust
Java mempuyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.

-          Aman
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.

-          Architecture Neutral
Program Java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan Java Virtual Machine.

-          Portabel
Source code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.

-          Performance
Performance pada Java sering dikatakan kurang tinggi. Namun performance Java dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan Inprise,Microsoft ataupun Symantec yang menggunakan Just In Time Compilers (JIT).

2.4         Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Java

Kelebihan Bahasa Pemrograman Java :

·            MultiplatformKelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas sistem operasi Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebabnya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
·            OOP. OOP ( Object Oriented Programming ) , metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi, setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek. Objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi.
·            Library / Kumpulan Fungsi Lengkap. Java terkenal dengan kelengkapan library / perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
·            Bergaya C++. Memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
·            Pengumpulan sampah / Pengaturan penggunaan memori. Memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Kekurangan Bahasa Pemrograman Java :

·            Tulis sekali, jalankan di mana saja. Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
·            Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
·            Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.


2.5         Elemen Dasar Bahasa Java

1.    Identifier
Identifier merupakan nama yang digunakan untuk menamai class, interface, variable dan method. Programmer dapat menentukan sendiri identifier yang akan digunakan. Aturan penulisanyang perlu diperhatikan adalah:
-          tidak ada batasan panjang, jadi identifier dapat dibuat dengan panjang karakter yang tidak terbatas.
-          Identifier harus diawali dengan huruf, underscore / garis bawah ( _ ) atau lambang dollar ($).
Untuk selebihnya dapat digunakan karakter apapun, kecuali karakter yang digunakan sebagai operator oleh Java (*, +, -, /). v  Bukan merupakan keyword yang telah dikenal oleh Java.

2.    Variabel
Variable merupakan lokasi penyimpanan dalam memori. Setiap variable memiliki kemampuan menyimpan suatu informasi sesuai dengan tipe data yang dideklarasikan untuk variable tersebut. Sintaks pendeklarasian varaibel secara umum adalah sebagai berikut: Tipe_data nama_variable;
Tipe_data meliputi semua tipe data yang dikenal dalam Java, sedangkan nama_variabel adalah identifier yang akan digunakan untuk menunjuk ke variable tersebut didalam program.


1.    Keyword
Keyword adalah pengidentifikasi yang telah dipesan untuk didefinisikan sebelumnya oleh java untuk tujuan tertentu. Berikut ini adalah daftar kata kunci pada java. Berikut ini adalah daftar kata-kata tersebut :



Daftar kata (keyword) yang dikenali oleh java

2.    Tipe data
Tipe data merupakan suatu kelas dari objek data dengan kumpulan operasi untuk membentuk dan memanipulasinya. Setiap variabel harus memiliki tipe data. Sebuah variabel memiliki tipe datanya untuk menentukan nilai dari variabel yang dapat memuat dan operasi - operasi yang dapat dilakukannya. Contohnya sebuah tipe data integer (int) dapat memuat hanya nilai - nilai integer (baik positif maupun negative).

Adapun bahasa pemrograman java yang memiliki 2 kategori tipe data, yaitu:
a.   Tipe data primitive / primitive Adalah tipe data dasar, untuk data tunggal. Berikut delapan tipe data primitif adalah boolean, byte, short, char, int, long, dan double.
b.   Tipe data referensi / kompleks Adalah bentuka tipe data. Tipe data yang dimaksud adalah jenis kompleks / referensi antara lain : string dan array.
Setiap bahasa pemrograman mempunyai kumpulan tipe data sederhana yang udah terpaket di dalamnya. Tetapi juga dimungkinkan untuk dapat mendefinisikan tipe data baru. Terdapat 8 tipe data sederhana dalam Java, yaitu :
1.    byte dengan jangkauan          : -128 sampai 127
2.    short dengan jangkauan         : -32.768 sampai 32.767
3.    int dengan jangkauan             : -2.147.483.648 sampai 2.147.483.647
4.    long dengan jangkauan          : -9.223.372.036.854.775.808 sampai 9.223.372.036.854.775.807
5.    float dengan jangkauan          : 3.4e-038 sampai 3.4e+038
6.    double dengan jangkauan      : 1.7e-308 sampai 1.7e+308
7.    char
8.    Boolean

Dari 8 tipe data sederhana tersebut dapat dikelompokkan dalam 4 macam tipe data, yaitu :
1.    Kelompok tipe data Integer, digunakan untuk merepresentasikan data dengan tipe  bilangan bulat. Tipe data yang termasuk dalam kelompok ini adalah byte, short, int dan long.
2.    Kelompok tipe data floating point, digunakan untuk merepresentasikan data dengan tipe bilangan riil/pecahan. Tipe data yang termasuk dalam kelompok ini adalah float dan double.
3.    Kelompok tipe data karakter, digunakan untuk merepresentasikan data dengan tipe karakter alfanumerik. Tipe data yang termasuk dalam kelompok ini adalah char.
4.    Kelompok tipe data boolean, digunakan untuk merepresentasikan data dengan tipe logika (benar/salah). Tipe data yang termasuk dalam kelompok ini adalah boolean.
5.    Konstanta Konstanta adalah sebuah variabel yang nilainya tetap dan tidak bias dirubah lagi. Cth : final int nasi = 7500;
6.   Casting Casting adalah perubahan data yang dilakukan oleh user karena tidak bisa dilakukan oleh konversi. Cth : int a; double b; a = 7,0 / 3; // perintah casting yang diperbolehkan. B = 7 / 3; // perintah casting yang tidak diperbolehkan.

5.    Operator
Operator adalah suatu simbol yang digunakan untuk memberikan perintah kepada komputer untuk melakukan aksi terhadap satu atau lebih operand. Operand sendiri adalah sesuatu yang dioperasikan oleh operator.
Di dalam java ada beberapa tipe Operator , yaitu :
1. OPERATOR ARITMATIKA
Operator Aritmatika ini adalah operator yang sering kita gunakan untuk hitung menghitung seperti kali bagi tambah kurang dam lainnya . Untuk Jelasnya , bisa dilihat dari table di bawah ini :
OPERATOR
KETERANGAN
+
penjumlahan
Pengurangan
*
Perkalian
/
Pembagian
%
Sisa Pembagian


Contoh Penggunaan Operator Aritmatika :

dari gambar di atas bisa kita lihat bahwa operator tersebut digunakan untuk menambah isi dari variable A dan isi dari variable B.
2. OPERATOR PENUGASAN / ASSIGNMENT
Operator Penugasan atau bahasa kerennya Assignment Operattor digunakan untuk memberi tugas suatu variable untuk melakukan suatu proses. Operator ini sering digunakan dalam pemrograman untuk mengulangi suatu perintah , salah satunya adalah increment / decrement.
OPERATOR
KETERANGAN
=
Pemberian Nilai
+=
Penambahan Bilangan
-=
Pengurangan Bilangan
/=
Pembagian Bilangan
%
Peroleh Sisa Pembagian

Contoh Penggunaan Operator Penugasan adalah sebagai berikut :


3. OPERATOR PEMBANDING
Operator Pembanding merupakan suatu operator yang digunakan untuk membandingkan antara dua buah nilai . Hasil perbandingan dari operator ini adalah TRUE dan FALSE ( Tipe data BOOLEAN)
OPERATOR
KETERANGAN
==
Sama Dengan
!=
Tidak sama Dengan
> 
Lebih Besar dari
< 
Kurang Dari
>=
Lebih besar sama dengan
<=
Kurang dari sama dengan
di bawah ini adalah contoh penggunaan operator pembanding di dalam java:


4. OPERATOR LOGIKA
Operator logika adalah suatu operator yang membandingkan dua bukan KONDISI , mirip seperti dengan operator pembanding. Operator Logika ini menghasilkan nilai bertipe BOOLEAN , yaitu TRUE dan FALSE.
OPERATOR
KETERANGAN
&&
Dan
||
Atau
Seperti yang saya ceritakan di atas , untuk operator logika menghasilkan hasil TRUE dan FALSE. Bagaimana dengan syarat supaya TRUE dan syarat supaya FALSE? lihat saja di bawah ini :
Apabila  kamu menggunakan Operator AND ( && ) maka syaratnya adalah sebagai berikut :
KONDISI 1
KONDISI 2
HASIL
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
Apabila kamu menggunakan Operator OR ( || )  maka syaratnya adalah sebagai berikut :
KONDISI 1
KONDISI 2
HASIL
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE

Di bawah ini adalah contoh program untuk menggambarkan cara menggunakan operator tersebut :




2.6         Struktur Dasar Bahasa Java

1.      Komentar
Komentar adalah baris program yang tidak ikut di proses atau di kerjakan  sebagai suatu perintah oleh compiler atau interpreter. Baris komentar hanya berfungsi sebagai tag atau tanda keterangan tentang baris atau blok(kumpulan) perintah di bawahnya.
Contoh dari program di atas adalah:
//latihan java.
Komentar di atas menggunakan // sebagai penanda komentar yang berarti satu baris setelah tanda tersebut akan di anggap sebagai komentar yang panjang anda dapat menggunakan tanda/* dan di akhiri tanda */
contoh:
/* ini baris komentar hingga 2
Baris, ini yang pertama
Ini baris yang kedua*/
Pada java anda dapat juga memberikan komentar yang akan di anggap sebagai javadoc commets yang menggunakan tanda /** dan di akhiri */ komentar ini digunakan untuk momberikan dokumentasi tentang class, data dan method yang digunakan.


2.      Blok
Tanda brace (kurung kurawal) di dalam program yang membentuk sekelompok (satu blok) perintah atau komponen lain dalam program digunakan untuk membentuk sebuah struktur pada program seperti class atau method.
Contoh:
Public class stya
{   //awal blok clas
    
} //akhir dari blok class

3.      Modifier
Java menggunakan beberapa kata khusus tertentu yang disebut modifiers yang berfungsi untuk menetapkan property dari data, method, atau class dan bagaimana cara menggunakan nya. Macam-macam modifier ada 3 yaitu:
-          Public
Bisa diakses oleh kelas .
-          Protected
Bisa diakses tetapi hanya untuk kelas anak.
-          Private
Tidak bis diakses.

4.      Class
Setiap program java setidaknya harus memiliki sebuah class karena pada java class adalah struktur program yang paling mendasar. Untuk melakukan pemograman dengan menggunakan bahasa java anda harus mengerti dasar-dasar pemograman berorientasi object dan mampu membuat class dan menggunakannya di dalam pemograman .
Format class :
Modifier class nama_calss{
              }


Contoh:
Public class stya{
}

Privat class stya{
}

5.      Method / Fungsi
Sebuah class harus memiliki setidaknya sebuah method.Class utama dalam program java harus memiliki method utama .Jadi method harus ada di dalam class dan tidak dapat berdiri sendiri seperti sebuah fungsi diluar class.
Format penulisan nya:
Modifier tipe_data_balikan nama_method (parameter){
}
Contoh :
Public void stya(){
}
  
6.      Main method
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa tiap class harus memiliki method , dan class utama dalam program juga harus memiliki method utama yang disebut juga main method. Main method ini fungsinya mengontrol seluruh alur dari program sewaktu menjalankan tugasnya.
Contoh :
Public static void main (String args [] ){
System.out.println(“Selamat datang di stya bloegst”);
}

7.      Kata Kunci / Reserved Word
Kata yang sudah memiliki arti tersendiri atau khusus bagi interpreter dan compiler java untuk diterjemahkan menjadi perintah kepada computer untuk mengerjakan sesuatu.
Contoh : Public, Static, Void, Privat, Protected

8.      Statement
Statement mempresentasika sebuah aksi atau sebuah urutan aksi. dan di akhiri tanda ( ; )titik koma.
Contoh:
System.out.println(“Selamat datang di stya bloegst.....”);
Yang akan menghasilkan dicetak nya kalimat yang berada di dalam kurung dan diantara tnda petik ke console windows.

2.7    Penggunaan NetBeans

Untuk membuat sebuah proyek Lagkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Pada bagian menu pilih File->New Project, Sehingga Muncul jendela New Project.
  2. Pada jendelaNew Project, terdapat 2 Langkah. Yaitu Choose Project(untuk memilih jenis project) dan Name and Location(memberi nama project dan menentukan lokasi penyimpanan file program yang sedang anda buat).
  3. Langkah pertama (choose Project), pada kotak Categories pilih Java, pada kotak Project pilih Java Application. klik next.
  4. Langkah ke-2, Pemberian nama Aplikasi dan Lokasi penyimpanan file. Silahkan Ketikan Nama Sesuai keinginan Anda (misal : Hello Word). Lalu klik tombol Browse untuk memilih lokasi penyompanan. Pada bagian bawah cendela New Java Aplication terdapat 3 check box. Sementara biarkan dulu seperti defaultnya.
  5. Klik Finish.
Jika Langkah-Langkah Anda Betul Maka akan muncul tulisan pada netbeans seperti di bawah ini :
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

package Hello Word;

/**
 *
 * @author zeinayie
 */
public class Main {

 /**
 * @param args the command line arguments
 */
 public static void main(String[] args) {
 // TODO code application logic here
  }

}
 
Langkah selanjutnya adalah ketika kode program yang akan kita buat. 

2.8         Post Test Modul 1

1.    Buatlah program untuk menjumlahkan n buah data, dengan n merupakan masukan dari piranti masukan kemudian hitunglah rata-ratanya.
Jawaban :
Syntax :
import java.util.Scanner;
public class PostTest1 {
   public static void main(String[] args) {
   Scanner sc=new Scanner(System.in);   
   int a,x,hasil=0;
  
   System.out.print("PROGRAM PENJUMLAHAN\n");
   System.out.print("======================\n");
   System.out.print("Masukan Jumlah Data : ");
   x=sc.nextInt();
   for(int i=1;i<=x;i++){
       System.out.print("Masukan Nilai ke-"+i+" : ");
       a=sc.nextInt();
       hasil += a;
   }
System.out.println("Hasil penjumlahan seluruh data = "+hasil);
System.out.println("Nilai Rata-Rata = "+(float)hasil/x);
}
}
Hasil Run File :

2.    Buatlah program untuk menjumlahkan n buah data, tetapi yang dijumlahkan hanya data ganjil.
Jawab :
Syntax :
import java.util.Scanner;
public class PostTest2 {
   public static void main(String[] args) {
   Scanner sc=new Scanner(System.in);   
   int a,x,hasil=0;
  
   System.out.print("PROGRAM PENJUMLAHAN KHUSUS BILANGAN GANJIL\n");
   System.out.print("==========================================\n");
   System.out.print("Masukan Jumlah Data : ");
   x=sc.nextInt();
   for(int i=1;i<=x;i++){
       System.out.print("Masukan Nilai ke-"+i+" : ");
       a=sc.nextInt();
       if(a%2 != 0){
       hasil += a;}
   }
System.out.println("Hasil penjumlahan bilangan ganjil = "+hasil); 
}
}
Hasil Run File :


BAB III
PENUTUP


3.1       Kesimpulan

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di abad ke-21 ini menuntut kita untuk selalu berkembanga dan mampu sejalan dengan perkembangan teknologi yang terkini, dalam hal ini adalah perkembangan software baik itu dalam pengetahuan, mengetahui perkembangan dan menggunakannya, atau bahkan dalam mengembangkan software. Perkembangan teknologi khususnya software, ini tidak terlepas dari keberadaan pemrograman Java, sebagai salah satu program pengembang teknologi, bahasa pemrograman Java sebagai sebuah peralatan software yang tenar dimasa sekarang, pemahaman kita akan kemajuan teknologi amatlah penting dan akan lebih bermanfaat jika kita mampu menggunakan, mengimplementasikan bahakan membuat sebuah program dengan aplikasi Java ini, sehingga kita bisa mewarnai dan juga menyeimbangi perkembangan dunia teknologi saat ini.

Keberadaan java saat ini khususnya dalam dunia programmer, sangatlah penting dan sangat berpengaruh dalam perkembangan berbagai aplikasi-aplikasi dari aplikasi yang sederhana hingga aplikasi yang sangat rumit dan besar. Keberadaan java ini membuat mudah kita dalam mengembangakan dan juga membuat sebuah program apalikasi, bagi kita yang ingin menekuni dan berkiprah dalam dunia programmer, saat ini yang paling tepat untuk diperalajari adalah bahasa pemrograman java dan ini dilansirkan bahwa akan tetap eksis sampai masa mendatang, bahakan melebihi keberadaan bahasa C, C++, Delphi, Pascal, Visual Basic dan bahasa pemrograman yang lain.

Java sebagai platform pengembang berbagai aplikasi, khususnya aplikasi pada mobile, telah memenuhi standar eksistensi bahasa pemrograman, yang sekelas dengan visual basic sebagai bahasa pemrograman yang telah dulu ada. Bahkan bisa dibilang penggunaannya semudah bahasa C dan kemampuan setangguh bahasa C++, selain sifatnya yang mudah karena kesederhanaannya, berbagai keunggulan kenapa java harus dipelajari adalah, pemrograman yang berorientasi pada objek, open platform, aplikasi berbasis WEB, mempunyai banyak fitur, dan bukan sekedar bahasa tapi juga platform sekaligus arsitektur. Java mempunyai portabilitas yang sangat tinggi. Ia dapat berada pada smartcard, pager, POS (Point of Service), handphone, PDA, palm, TV, Embedded device (PLC, micro controller), laptop, pc, dan bahkan server).


====================
>>>>> DOWNLOAD MAKALAH <<<<<
====================

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROJEK PBO PRADIKA (SEWA KAMERA DSLR)

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 3)