MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 2)

  BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
MODUL 2

(Makalah ini diajukan untuk memnuhi tugas
mata kuliah Baha Pemrograman 1)


Disusun Oleh :
NAMA           : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM               : 20160910027
KELAS          : SISTEM INFORMASI 2016 A





UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER






KATA  PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah Filsafat Ilmu.
Tujuan utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Bahasa Pemrograman 1, dan penulis mengambil judul “BAHASA PEMROGRAMAN JAVA MODUL 2”. Tujuan selanjutnya untuk para pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi mengenai segala dasar mengenai bahasa pemrograman Java.
Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik di masa mendatang.
Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat  tersusun dengan baik


Kuningan, November 2017


Penulis

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................... i
DAFTAR ISI .............................................................................................. ii
BAB I      : PENDAHULUAN                                                                   
1.1.  Latar Belakang......................................................... 1
1.2. Tujuan ...................................................................... 2
BAB II     : ISI
2.1.  Variabel Pada Java ................................................. 3
2.2.  Tipe Data Java  ....................................................... 4
2.3.  Operator Pada Java ................................................ 5
2.4.  Post Test Modul 2 ................................................... 9
BAB III    : PENUTUP
3.1.  Kesimpulan ............................................................. 15
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang

Dalam bahasa pemrograman java, variabel digunakan dalam program untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai tersebut dapat diubah selama eksekusi program. Sedangkan konstanta menyatakan nilai yang tidak berubah pada saat eksekusi.
Adapun tipe data untuk mendefinisikan metode penyimpanan untuk mereperesentasikan informasi dan cara informasi diinterprentasikan. Tipe data berkaitan erat dengan penyimpanan variabel di memori karena tipe data variabel menentukan cara kompilator menginterpretasikan isi memori.
Ekspresi adalah statement yang mengembalikan suatu nilai sedangkan Operator adalah suatu symbol yang biasanya digunakan dalam ekspresi. Operator akan melakukan suatu operasi terhadap operand sesuai dengan fungsinya, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan sebagainya.


1.2         Tujuan

Tujuan dari penyusunan Makala ini adalah:
a.      Sebagai syarat untuk menyelesaikan mata kuliah Bahasa Pemrograman 1
b.      Sebagai bahan pembelajaran mengenai Variabel, Tipe Data, dan Operator pada Java.
c.      Dapat memahami, mengerti dan mendalami tentang teknologi Java, yang meliputi:
1.    Variabel Pada Java
2.    Tipe Data Pada Java
3.    Operator Pada Java
4.    Post Test Modul 2 BP1


BAB II
ISI

2.1         Variabel Pada Java

Variabel digunakan dalam program untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai tersebut dapat diubah selama eksekusi program. Sedangkan konstanta menyatakan nilai yang tidak berubah pada saat eksekusi.

Bentuk Umum Deklarasi Variabel yaitu : tipe data nama variabel ;
Contoh :
int harga;
char nama hari;
double bonus;

Berikut ini aturan-aturan dalam membuat variabel pada Java :
·         Case sensitive, huruf kecil dan kapital berbeda. Contoh: alamat, Alamat, dan ALAMAT menyatakan tiga variabel yang berbeda.
·         Nama dari sebuah variabel harus dimulai dengan sebuah huruf dan selanjutnya dapat diikuti dengan huruf atau angka.
·         Huruf yang bisa digunakan adalah dari ‘A’-‘Z’, ‘a’-‘z’, angka dari 0-9 dan juga simbol ‘_’ dan „$‟ , Untuk simbol lain dan spasi tidak dapat digunakan.
·         Dalam penamaan variabel juga tidak diperkenankan menggunakan reserved word atau keyword dari Java.
·         Panjang variabel tidak dibatasi. Dalam pendeklarasian variabel kita juga bisa menyatukan dua variabel dalam pendeklarasiannya.

Contoh :
int i, j;
long y,x;
char a,b;


2.2         Tipe Data Pada Java
Tipe data mendefinisikan metode penyimpanan untuk mereperesentasikan informasi dan cara informasi diinterprentasikan. Tipe data berkaitan erat dengan penyimpanan variabel di memori karena tipe data variabel menentukan cara kompilator menginterpretasikan isi memori. Tipe data dalam Java dibagi 2 kategori:
1.      Sederhana / primitive, terdapat 8 tipe-tipe sederhana dan dipisahkan dalam 4 kelompok:
·           Empat tipe adalah untuk bilangan bulat (integer) bertanda: byte, short, int, dan long.
·           Dua untuk tipe angka titik mengambang (floating point) atau bilangan pecahan: float dan double.
·           Satu untuk tipe karakter yaitu char, mewakili simbol pada himpunan karakter seperti tulisan dan angka.
·           Satu untuk tipe Boolean, merupakan tipe khusus untuk menunjukkan besaran logika (nilai-nilai logika).
2.      Komposit, tipe data komposit disusun dari tipe data sederhana atau tipe komposit lain yang telah ada. Tipe ini antara lain: string, array, class, dan interface.

2.3         Karakteristik Bahasa Java

Ekspresi adalah statement yang mengembalikan suatu nilai sedangkan Operator adalah suatu symbol yang biasanya digunakan dalam ekspresi. Operator akan melakukan suatu operasi terhadap operand sesuai dengan fungsinya, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan sebagainya. Operator di Java ada 7 macam, yaitu :
1.   Operator Penugasan
Operator ini adalah operator yang paling sederhana dan hanya dilambangkan dengan karakter ‟=‟. Operator ini digunakan untuk menugaskan suatu nilai ke suatu variabel.
Ekspresi
Arti
x += y
x = x + y
x -= y
X = x – y
x *= y
x = x * y
x /= y
x = x / y

2.   Operator Aritmatika
Operator ini digunakan dalam ekspresi matematika. Berikut ini daftar operator matematika yang dikenal dalam Java.
Operator
Arti
Contoh
+
Penjumlahan
3+4
Pengurangan
5-7
*
Perkalian
5*5
/
Pembagian
14/7
%
Modulus
20%7

3.   Operator Perbandingan / Relasional, 
Operator ini digunakan untuk membandingkan dua buah nilai operand dan menghasilkan nilai Boolean yaitu true atau false. Berikut ini operator relasional dalam Java.

Operator
Keterangan
Contoh
==
Sama dengan
X == 3
!=
Tidak Sama dengan
X != 3
< 
Lebih kecil dari
X < 3
> 
Lebih besar dari
X > 3
<=
Lebih kecil dari atau sama dengan
X <= 3
>=
Lebih besar dari atau sama dengan
X >= 3

4.   Operator Penaikan dan Penurunan
Operator ini digunakan untuk menaikkan atau menurunkan suatu nilai integer (bilangan bulat) sebanyak satu satuan, dan hanya digunakan pada variabel.
Operator
Keterangan
++
Penambahan dengan nilai satu
Pengurangan dengan nilai satu
Sebagai contoh :
x = x + 1;
y = y -1;
dapat ditulis menjadi:
x++ ;
y– ;
atau
++x ;
–y ;

5.   Operator Bitwise (manipulasi bit)
Operator ini digunakan untuk operasi secara langsung terhadap bit yang menyusun suatu bilangan. Daftar operator bitwise dalam Java adalah sebagai berikut :
Operator
Arti
Bitwise negasi (NOT)
&
Bitwise AND
|
Bitwise OR
^
Bitwise XOR
>> 
Geser kanan
>>> 
Geser kanan tanpa mempertahankan sign
(dengan nilai 0 sebagai pengisi bit paling kiri)
<< 
Geser kiri
Karena operasi bitwise memanipulasi hingga ke bagian yang paling kecil dari suatu bilangan, yaitu bit maka diperlukan penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana Java menyimpan reprsentasi suatu bilangan dalam bit, terutama sekali untuk representasi bilangan negatif. Java menyimpan representasi dari suatu bilangan sebagai bilangan basis dua (binary) yang tersusun atas bit. Contoh bilangan binary : 000100111. angka 0 dan 1 yang membentuk bilangan binary inilah yang disebut bit.
6.   Operator Logika Boolean
Operator ini hanya digunakan untuk melakukan operasi pada operand yang bertipe Boolean. Berikut daftar operator logika Boolean.
Operator
Keterangan
&
Logika AND
|
Logika OR
^
Logika XOR
!
Logika NOT
&&
Short Circuit Logika AND
||
Short Circuit Logika OR
==
Logika sama dengan
!=
Logika tidak sama dengan

7.   Operator Majemuk
Operator ini merupakan gabungan dari operator yang telah dibahas sebelumnya dengan operator penugasan. Berikut operator majemuk pada Java.
Operator
Keterangan
+=
Penambahan diikuti dengan penugasan
– =
Pengurangan diikuti dengan penugasan
* =
Perkalian diikuti dengan penugasan
/ =
Pembagian diikuti dengan penugasan
% =
Operasi modulus diikuti dengan penugasan

Berikut ini contoh penggunaannya :
Hasil +=10 : memiliki arti yang sama dengan hasil = hasil+10
Hasil -=20 : memiliki arti yang sama dengan hasil = hasil-20

2.4         Post Test Modul 2

1.    Buatlah class java dengan nama Latihan_03 untuk menampilkan informasi karyawan yang terdiri dari NIK, Nama, Lama Kerja, Gaji Pokok, Potongan, dan Gaji Bersih. Besar gaji pokok diisi dengan 100000*LamaKerja, Tunjangan GajiPokok*2.5% dan Gaji Bersih diisi dengan GajiPokok + Tunjangan
Jawab :
Syntax :
import java.util.Scanner;
public class PostTest_01 {
    public static void main(String[] args) {
    Scanner sc=new Scanner (System.in);
    String NIK,nama;
    float gaji,tunjangan,potongan,gajib;
    int lama;
        System.out.println("APLIKASI SISTEM PENGGAJIAN");
        System.out.println("==========================");
        System.out.print("Masukan NIK        : ");
        NIK=sc.next();
        System.out.print("Masukan Nama       : ");
        nama=sc.next();
        System.out.print("Masukan Lama Kerja : ");
        lama=sc.nextInt();
       
        gaji = 100000*lama;
        tunjangan =(float) (gaji*0.025);
        gajib=(int)gaji+tunjangan;
       
        System.out.println("INFORMASI KARYAWAN");
        System.out.println("==================");
        System.out.println("NIK         : "+NIK);
        System.out.println("Nama        : "+nama);
        System.out.println("Lama Kerja  : "+lama+" Tahun");
        System.out.println("Gaji Pokok  : Rp."+(int)gaji);
        System.out.println("Tunjangan   : Rp."+(int)tunjangan);
        System.out.println("Gaji Bersih : Rp."+(int)gajib);
    }  
}

Hasil Run File :

2.    Buatlah class java dengan nama Latihan_04 gunakan untuk menampilkan hasil perhitungan bujursangkar, persegi panjang, segi tiga, lingkaran, limas, dankerucut.
Jawab :
Syntax :
import java.util.Scanner;
public class PostTest_02 {
    public static void main(String[] args) {
    Scanner sc=new Scanner (System.in);
    int p,l,t,a,r,s,menu;
    float v= (float) 3.14,luas,keliling,volume;
   
        System.out.println("APLIKASI PENGHITUNG BANGUN DATAR");
        System.out.println("================================");
        System.out.println("[1] Bujursangkar      [4] Lingkaran");
        System.out.println("[2] Persegi Panjang   [5] Limas");
        System.out.print("[3] Segi Tiga         [6] Kerucut\nPILIH : ");
        menu=sc.nextInt();
        switch(menu){
            case 1 :
                System.out.println("\nBUJURSANGKAR");
                System.out.println("============");
                System.out.print("Sisi (cm) : ");
                s=sc.nextInt();
                keliling=4*s;
                luas=s*s;
                System.out.println("Keliling : "+keliling+"cm");
                System.out.println("Luas     : "+luas+"cm^2");
                break;
            case 2 :
                System.out.println("\nPERSEGI PANJANG");
                System.out.println("===============");
                System.out.print("Panjang (cm) : ");
                p=sc.nextInt();
                System.out.print("Lebar (cm)   : ");
                l=sc.nextInt();
                keliling=2*(p+l);
                luas=p*l;
                System.out.println("Keliling : "+keliling+"cm");
                System.out.println("Luas     : "+luas+"cm^2");
                break;
            case 3 :
                System.out.println("\nSEGI TIGA");
                System.out.println("=========");
                System.out.print("Sisi (cm)   : ");
                s=sc.nextInt();
                System.out.print("Tinggi (cm) : ");
                t=sc.nextInt();
                System.out.print("Alas (cm)   : ");
                a=sc.nextInt();
                keliling=(2*s)+a;
                luas=(float) (0.5*a*t);
                System.out.println("Keliling : "+keliling+"cm");
                System.out.println("Luas     : "+(float)luas+"cm^2");
                break;
            case 4 :
                System.out.println("\nLINGKARAN");
                System.out.println("=========");
                System.out.print("Jari-Jari (cm) : ");
                r=sc.nextInt();
                keliling=(float)(2*v*r);
                luas=(float) (v*(r*r));
                System.out.println("Keliling : "+(float)keliling+"cm");
                System.out.println("Luas     : "+(float)luas+"cm^2");
                break;
            case 5 :
                int salas,satas,tst;
                System.out.println("\nLIMAS");
                System.out.println("=====");
                System.out.print("Sisi Alas (cm) : ");
                salas=sc.nextInt();
                System.out.print("Tinggi Segitiga (cm) : ");
                tst=sc.nextInt();
                luas=(float)(salas*salas)+(4*(salas*tst/2));
                volume=(float)((salas*salas)*tst)/3;
                System.out.println("Luas Permukaan : "+(float)luas+"cm^2");
                System.out.println("Volume         : "+(float)volume+"cm^3");
                break;
            case 6 :
                System.out.println("\nKERUCUT");
                System.out.println("=======");
                System.out.print("Sisi (cm) : ");
                s=sc.nextInt();
                System.out.print("Jari-jari (cm) : ");
                r=sc.nextInt();
                System.out.print("Tinggi (cm) : ");
                t=sc.nextInt();
                volume=(float) (v*(r*r)*t);
                luas=(float) (v*r*(r+s));
                System.out.println("Luas Permukaan : "+(float)luas+"cm^2");
                System.out.println("Volume         : "+(float)volume+"cm^3");
                break;
        }
    }
}



Hasil Run File :

    Bujursangkar                                    Persegi Panjang
        
  
    Segi Tiga                                                    Lingkaran 
         

    Limas                                                   Kerucut
           

 
BAB III
PENUTUP


3.1       Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat saya ambil adalah variabel digunakan dalam program untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai tersebut dapat diubah selama eksekusi program. Sedangkan konstanta menyatakan nilai yang tidak berubah pada saat eksekusi.
Adapun tipe data untuk mendefinisikan metode penyimpanan untuk mereperesentasikan informasi dan cara informasi diinterprentasikan. Tipe data berkaitan erat dengan penyimpanan variabel di memori karena tipe data variabel menentukan cara kompilator menginterpretasikan isi memori.
Ekspresi adalah statement yang mengembalikan suatu nilai sedangkan Operator adalah suatu symbol yang biasanya digunakan dalam ekspresi. Operator akan melakukan suatu operasi terhadap operand sesuai dengan fungsinya, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan sebagainya.




DAFTAR PUSTAKA

1. https://hersetblog.wordpress.com/2016/12/05/variabel-tipe-data-dan-operator-pada-java/


====================
>>>>> DOWNLOAD MAKALAH <<<<<
====================


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 1)

PROJEK PBO PRADIKA (SEWA KAMERA DSLR)

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 3)