MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 9)
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
MODUL 9
(Makalah ini diajukan untuk memnuhi tugas
mata kuliah Baha Pemrograman 1)
Disusun Oleh :
NAMA : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM : 20160910027
KELAS : SISTEM INFORMASI 2016 A
UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji
syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir
batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah
ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah Bahasa Pemrograman.
Tujuan
utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata
kuliah Bahasa
Pemrograman 1, dan penulis mengambil judul “BAHASA PEMROGRAMAN JAVA MODUL 9”. Tujuan selanjutnya untuk para pembaca
agar lebih paham dan mengetahui lagi mengenai segala dasar
mengenai bahasa pemrograman Java.
Semoga
dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu
penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik
di masa mendatang.
Akhirnya
penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan
bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat tersusun dengan baik
Kuningan,
Desember 2017
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................ i
DAFTAR ISI .............................................................................................. ii
BAB I : PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang................................................................... 1
1.2.
Tujuan ................................................................................ 1
BAB
II : ISI
2.1. Grafis Java : Kelas Contrainer ......................................... 2
2.2. Grafis Java : Kelas Component ........................................ 2
2.3. Grafis Java : Kelas Color .................................................. 3
2.4. Menggunakan Grafis di Java ............................................ 3
2.5. Post Test Modul 9 ............................................................. 5
2.1. Grafis Java : Kelas Contrainer ......................................... 2
2.2. Grafis Java : Kelas Component ........................................ 2
2.3. Grafis Java : Kelas Color .................................................. 3
2.4. Menggunakan Grafis di Java ............................................ 3
2.5. Post Test Modul 9 ............................................................. 5
BAB
III : PENUTUP
3.1. Kesimpulan
....................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangatlah pesat. Dimana setiap
gerak-gerik dan liku-liku kehidupan ini sangat dipengaruhi oleh adanya
informasi yang kemudian informasi itu dapat diperoleh melalui ilmu pengetahuan
dan teknologi.
Komputer merupakan salah satu
teknologi yang paling pesat perkembangannya. Pada saat pertama kali ditemukan,
komputer digunakan terutama sebagai alat bantu untuk mempercepat proses hitung
menghitung. Komputer dari generasi ke generasi mengalami perkembangan
dalam hal pengolahan data baik kapasitas maupun kecepatannya. Data yang diolah
tidak hanya berupa teks atau angka, tapi kini komputer dapat mengolah
gambar/grafika. Komputer yang memiliki piranti grafis untuk mengolah gambar
atau grafika disebut grafis komputer.
Grafika
komputer pada dasarnya adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara
untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer)
dengan jalan membangkitkan, menyimpan dan memanipulasi gambar model suatu objek
menggunakan komputer. Grafika komputer memungkinkan kita untuk berkomunikasi
lewat gambar-gambar, bagan-bagan dan diagram.
1.2
Tujuan
Tujuan
dari penyusunan Makalah
ini adalah:
a. Agar
dapat memahami mengenai grafis java.
b. Menjadikan
referensi belajar tentang grafis java.
BAB II
ISI
2.1
Grafis Java : Kelas Container
Kelas-kelas
Java dapat digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container
classes), kelas-kelas pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen
(component classes). Kelas yang termasuk dalam container classes dapat
digunakan sebagai wadah atau tempat bagi kelas-kelas komponen (component
classes) yaitu obyek dari kelas seperti JButton, JTextArea, JTexField,
JComboBox, JListBox dan JTable. Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper
classes dapat digunakan untuk memformat tampilan kelas lainnya.
Kelas
Container termasuk dalam container classes. Kelas Container sebenarnya
adalah Abstract Window toolkit (AWT) container sebagai wadah untuk obyek
dari kelas-kelas grafis ketika Java pertama kali diperkenalkan (kelas
Window, Panel, Frame, Dialog dan Applet). Untuk menyusun obyek-obyek atau
komponen di wadah sesuai dengan posisi yang diinginkan, dapat digunakan kelas
bantu (helper class) LayoutManager. Berikut ini adalah hirarki turunan dari
kelas Container:
Kelas
Container merupakan kelas turunan langsung dari kelas Component. Kelas
Container juga mempunyai banyak sekali metoda selain juga metoda yang diwarisi
dari kelas Component. Tabel berikut ini adalah beberapa metoda penting yang
dimiliki oleh kelas Container:
Metoda kelas Container
|
|
Metoda
|
Keterangan
|
add(Component comp)
|
Menambahkan sebuah komponen ke dalam wadah (container).
|
add(Component comp, int index)
|
Menambahkan sebuah komponen ke dalam wadah dengan posisi
yang telah ditentukan oleh parameter index.
|
paint(Graphics g)
|
Menggambar di wadah (container).
|
paintComponent(Graphics g)
|
Menggambar tiap-tiap komponen di wadah (container).
|
remove(Component comp)
|
Menghilangkan komponen tertentu dari wadah (container).
|
remove(int index)()
|
Menghilangkan komponen yang ditentukan oleh index dari
wadah (container).
|
removeAll()
|
Menghilangkan semua komponen dari wadah (container).
|
setLayout(LayoutManager mgr)
|
Menentukan tata letak (layout manager) dari wadah
(container).
|
getLayout()
|
Mengembalikan jenis tata letak (layout manager) yang
digunakan oleh wadah (container).
|
2.2
Grafis Java :
Kelas Component
Kelas-kelas Java dapat digolongkan
menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container classes), kelas-kelas
pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen (component classes). Kelas
yang termasuk dalam container classes dapat digunakan sebagai wadah atau tempat
bagi kelas-kelas komponen (component classes) yaitu obyek dari kelas seperti
JButton, JTextArea, JTexField, JComboBox, JListBox dan JTable. Kelas-kelas yang
termasuk ke dalam helper classes dapat digunakan untuk memformat tampilan kelas
lainnya.
Kelas Component merupakan kelas abstrak.
Secara hirarki, kelas Component adalah turunan dari kelas Object. Kelas Object
berada di puncak teratas dalam hirarki kelas di Java. Semua kelas, langsung
maupun tidak langsung, merupakan turunan dari kelas Object. Berikut ini
adalah hirarki turunan dari kelas Component:
Kelas Component mempunyai banyak sekali
metoda. Semua kelas turunan dari kelas Component akan mewarisi semua metoda
yang bisa diakses (accessible method) dari kelas ini. Berikut ini adalah tabel
beberapa metoda penting dari kelas Component:
Metoda kelas Component
|
|
Metoda
|
Keterangan
|
setSize(int width, int height)
|
Mengatur kembali ukuran komponen
sehingga mempunyai lebar width dan tinggi height.
|
setVisible(boolean b)
|
Menampilkan atau menyembunyikan
komponen tergantung dari nilai boolean b.
|
setFont(Font f)
|
Mengatur jenis huruf dari
komponen.
|
getFont(Font f)
|
Mengembalikan jenis huruf dari
komponen.
|
setForegound(Color c)
|
Mengatur warna latar depan
(foreground) dari komponen
|
getForeground()
|
Mengembalikan warna latar depan
(foreground) dari komponen.
|
setBackground(Color c)
|
Mengatur warna latar belakang
(background) dari komponen.
|
getBackground()
|
Mengembalikan warna latar belakang
(background) dari komponen.
|
getWidth()
|
Mengembalikan lebar komponen saat
ini.
|
getHeight()
|
Mengembalikan tinggi komponen saat
ini.
|
setPreferedSize()
|
Mengatur ukuran komponen yang
diinginkan.
|
getPreferedSize(Dimention d)
|
Mengembalikan ukuran komponen yang
diinginkan.
|
isVisible()
|
Menunjukkan apakah komponen ini
tampak.
|
setVisible(boolean b)
|
Menampilkan atau meyembunyikan
komponen.
|
setName(String name)
|
Mengatur nama komponen ke string
yang telah ditentukan
|
getName()
|
Mengembalikan nama dari komponen.
|
2.3
Grafis Java: Kelas Color
Kelas-kelas
Java dapat digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container
classes), kelas-kelas pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen
(component classes). Kelas yang termasuk dalam container classes dapat
digunakan sebagai wadah atau tempat bagi kelas-kelas komponen (component
classes) yaitu obyek dari kelas seperti JButton, JTextArea, JTexField,
JComboBox, JListBox dan JTable. Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper
classes dapat digunakan untuk memformat tampilan kelas lainnya.
Sesuatu
yang berwarna tentu akan lebih indah dan menarik, demikian juga dengan komponen
grafis Java yang diberi warna. warna di Java juga dapat disusun dari warna
merah (red), hijau (green) dan warna biru (blue) atau yang lebih dikenal dengan
RGB. Masing-masing warna diwakili oleh nilai byte dengan rentang nilai dari 0
sampai dengan 255. Berikut ini adalah hirarki turunan kelas Color:
Kelas
Color mempunyai lebih dari lima konstruktor dan lebih dari dua puluh metoda.
Disamping konstruktor dan metoda, kelas Color juga memiliki predeclared color
constant (konstanta warna) yang digunakan untuk mewakili warna tertentu.
Konstanta warna tersebut dideklarasikan dengan modifier public final static.
Tabel-tabel berikut ini adalah daftar beberapa konstanta warna, konstruktor dan
metoda kelas Color yang sering digunakan di dalam program.
Konstanta warna kelas Color
|
||||
Metoda
|
Warna
|
Nilai RGB
|
||
public final static Color RED
|
Merah
|
255.0.0
|
||
public final static Color GREEN
|
Hijau
|
0.255.0
|
||
public final static Color BLUE
|
Biru
|
0.0.255
|
||
public final static Color WHITE
|
Putih
|
255.255.255
|
||
public final static Color YELLOW
|
Kuning
|
255.255.0
|
||
public final static Color BLACK
|
Hitam
|
0.0.0
|
||
public final static Color PINK
|
Merah muda
|
255.200.0
|
||
public final static Color ORANGE
|
Jingga tua
|
255.175.175
|
||
Konstruktor kelas Color
|
||||
Konstruktor
|
Keterangan
|
|||
Color(float r, float g, float b)
|
Mengkonstruksi warna dengan menentukan nilai r, g dan b
dengan rentang (range) 0.0–1.0.
|
|||
Color(int r, int g, int b)
|
Mengkonstruksi warna dengan menentukan nilai r, g dan b
dengan rentang (range) 0–255.
|
|||
Metoda kelas Color
|
|
Metoda
|
Keterangan
|
getGreen()
|
Mengembalikan nilai integer (int) yang mewakili warna
hijau dengan rentang 0-255.
|
getRed()
|
Mengembalikan nilai integer (int) yang mewakili warna
merah dengan rentang 0-255.
|
getBlue()
|
Mengembalikan nilai integer (int) yang mewakili warna biru
dengan rentang 0-255.
|
2.4
Menggunakan Kelas Graphics Di
Java
Kelas
Graphics merupakan kelas abstrak yang menyediakan interface grafis untuk
menampilkan bentuk dan gambar di layar (screen) di platform berbeda. Ketika
metoda paint(Graphics g) atau paintComponent(Graphics g) digunakan, g adalah
obyek subclass konkret dari kelas abstrak Graphics.
Berikut
ini adalah hirarki turunan dari kelas Graphics di bahasa pemrograman Java:
Kelas Graphics mempunyai banyak
metoda yang dapat digunakan untuk menggambar string, line dan berbagai bentuk
bangun. Anda dapat memanggil metoda-metoda tersebut menggunakan variabel acuan
g yang mengacu ke obyek kelas Graphics, yang merupakan parameter dari metoda
pain dan paintComponent. Berikut ini adalah tabel beberapa metode dari kelas
Graphics:
Metoda Kelas Graphics
|
|
Metoda
|
Keterangan
|
drawString(String str, int x, int y)
|
Menggambar string dengan posisi (koordinat) ditentukan
oleh x dan y.
|
drawLine(int x1, int y2, int x2, int y2)
|
Menggambar garis dengan titik pertama x1 dan y1 dan titik
kedua x2 dan y2.
|
drawRect(int x, int y, int width, int height)
|
Menggambar persegi panjang dengan sudut kiri atas
ditentukan oleh x dan y serta lebar dan panjang ditentukan oleh width dan
height.
|
fillRect(int x, int y, int width, int height)
|
Menggambar persegi panjang berwarna dengan sudut kiri atas
ditentukan oleh x dan y serta lebar dan panjang ditentukan oleh width dan
height.
|
drawOval (int x, int y, int width, int height)
|
Menggambar lingkaran lonjong dengan panjang dan lebar
ditentukan oleh width dan height. Sudut kiri atas yang melingkar berada pada
koordinat x dan y.
|
fillOval (int x, int y, int width, int height)
|
Menggambar lingkaran lonjong berwarna dengan panjang dan
lebar ditentukan oleh width dan height. Sudut kiri atas yang melingkar berada
di koordinat x dan y.
|
drawRoundRect(int x, int y, int width, int height, int
arcWidth, int arcHeight)
|
Menggambar persegi panjang yang mempunyai sudut melingkar
dengan lebar dan tinggi ditentukan oleh width dan height. Sudut-sudut
melingkar ditentukan oleh arcWidth dan arcHeight.
|
fillRoundRect(int x, int y, int width, int height, int
arcWidth, int arcHeight)
|
Menggambar persegi panjang berwarna yang mempunyai sudut
melingkar dengan lebar dan tinggi ditentukan oleh width dan height.
Sudut-sudut melingkar ditentukan oleh arcWidth dan arcHeight.
|
draw3DRect(int x, int y, int width, int height, boolean b)
|
Menggambar persegi panjang berdimensi tiga dengan sudut
kiri atas ditentukan oleh x dan y serta lebar dan tinggi ditentukan oleh
width dan height.
|
fill3DRect(int x, int y, int width, int height, boolean b)
|
Menggambar persegi panjang berdimensi tiga berwarna dengan
sudut kiri atas ditentukan oleh x dan y serta lebar dan tinggi ditentukan
oleh width dan height.
|
2.5
PostTest Modul
7
Membuat Grafis
:
Syntax :
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.*;
public class Latihan_01 extends JFrame{
public
Latihan_01(){
setTitle("Latihan Grafis");
setSize(500,500);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
}
@Override
public void paint(Graphics g){
g.setColor(Color.DARK_GRAY);
g.fillRect(205,100,240,100);
g.fillRect(225,80,200,120);
g.fillRect(205,220,175,25);
g.fillRect(205,200,100,25);
g.fillRect(170,245,120,110);
g.fillRect(205,290,125,25);
g.fillRect(310,290,25,45);
g.fillRect(140,270,125,110);
g.setColor(Color.WHITE);
g.fillRect(250,115,27,10);
}
public static void main(String[] args){
Latihan_01 latihan_01=new Latihan_01();
}
}
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Bahasa pemrograman java tidak hanya dapat
digunakan untuk membuat program berbasis text (text-base program) namun lebih
dari itu java juga mendukung pemrograman grafis. Dengan menguasai pemrograman
grafis dalam bahasa java maka dimungkinkan dapat membuat aneka bentuk program
grafis seperti games, aplikasi grafis, animasi dll
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar