MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 7)
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
MODUL 7
(Makalah ini diajukan untuk memnuhi tugas
mata kuliah Baha Pemrograman 1)
Disusun Oleh :
NAMA : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM : 20160910027
KELAS : SISTEM INFORMASI 2016 A
UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji
syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir
batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah
ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
Tujuan
utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata
kuliah Bahasa
Pemrograman 1, dan penulis mengambil judul “BAHASA PEMROGRAMAN JAVA MODUL 7”. Tujuan selanjutnya untuk para pembaca
agar lebih paham dan mengetahui lagi mengenai segala dasar
mengenai bahasa pemrograman Java.
Semoga
dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu
penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik
di masa mendatang.
Akhirnya
penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan
bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat tersusun dengan baik
Kuningan,
Desember 2017
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR .............................................................................. i
DAFTAR ISI .............................................................................................. ii
BAB I : PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang................................................................... 1
1.2.
Tujuan ................................................................................ 1
BAB
II : ISI
2.1. Pengertian GUI ................................................................. 2
2.2. Pengertian Java GUI
........................................................ 2
2.3. Fungsi GUI ........................................................................ 3
2.4. Jenis GUI .......................................................................... 3
2.5. Kelebihan dan Kekurangan GUI
....................................... 4
2.6. Post Test Modul 7
............................................................. 5
BAB
III : PENUTUP
3.1. Kesimpulan
....................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
GUI (Graphical User
Interface) merupakan salah satu modelinteraksi antara manusia dan komputer.
PenggunaGUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi
Windows Graphical Unit Interface, merupakan perangkat pertama untuk
mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk
memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat mengasumsikan
bahwa GUI merupakan sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali
ditangkap mata (secara interface).Dimana suatu software akan kelihatan bagus,
jika GUI tersebut tampak menarik Java GUI sendiri secara umum sama dengan
pemahaman GUI sendiri, namun disini GUI pada java adalah salah satu dari fasilitas
Java dalam mengembangkan suatua plikasi dengan memberikan suatu interface yang
nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan
besar. Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah
sistem, seperti komponen navigasi graphic, interface desktop, komponen menu,
sinkronisasi antar interface dan dimana nantinya aplikasi tersebut dapat dengan
mudah dioperasikan user.
1.2
Tujuan
Tujuan
dari penyusunan Makalah
ini adalah:
a.
Sebagai bahan pembelajaran mengenai perkembangan teknologi informasi khususnya bahasa pemrograman Java.
b.
Mampu memahami konsep dasar
pemrograman GUI.
BAB II
ISI
2.1
Pengertian GUI (Graphic User Interface)
Graphic User
Interface (GUI) adalah pemrograman
dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI.
Tujuannya adalah menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam
basis text. Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll.
Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat
tersebut. Kalau dilihat pengertian tentang GUI secara umum adalah Interaksi
yang dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan
dalam modus grafik. Contoh implementasi GUI-based shell ini adalah pada sistem
operasi Microsoft Windows.
2.2
Pengertian Java GUI
JAVA GUI sendiri secara
umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namun disini GUI pada JAVA adalah salah
satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan suatu aplikasi dengan memberikan
suatu interface yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi,
baik skala kecil dan besar. Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen
penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen navigasi, graphic, interface
desktop, komponen menu, sinkronisasi antar interface dan semuanya itu dirancang
dengan penelitian yang baik, dimana nantinya aplikasi tersebut dapat dengan
mudah dioperasikan user. Banyak sudah aplikasi yang telah Java kembangankan
dengan menggunakan GUI sebagai nilai penggunaan dan nilai jual. Software
perangkat lunak dan keras juga termasuk di dalamnya. Java GUI adalah program
pengembangan suatu user interface dengan mengetengahkan graphic sebagai
penghubung user dengan sistem, sehingga mudah dalam implementasi aplikasi
sistem tersebut.
2.3
Fungsi GUI
Dari
pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan
informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI
dalam dunia Iptek khususnya komputer :
1.
Pointing
device dengan perangkat berupa mouse
2.
Memiliki
fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan
uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
3.
Membuat
software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat
digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet.
sound, graphic dan lain-lain
4.
Untuk
digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
5.
Opensource
software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
2.4
Jenis-Jenis
GUI
1. AWT (Abstract Window Toolkit)
AWT (Abstract Window Toolkit) adalah
GUI Toolkit pertama pada bahasa pemrograman Java, sayang-nya AWT ini
sangat-sangat kekurangan komponen yang biasa digunakan untuk membangun sebuah
aplikasi desktop secara lengkap (komponen tabel saja tidak ada ) Terlepas dari
kurang-nya komponen GUI yang terdapat pada AWT (Abstract Window Toolkit),
aplikasi yang dibangun menggunakan AWT (Abstract Window Toolkit) akan tampak
seperti aplikasi native. Maksudnya yaitu, jika aplikasi yang dibangun
menggunakan AWT (Abstract Window Toolkit) ini dijalankan pada Sistem Operasi
Windows. Maka aplikasi ini akan terlihat seperti aplikasi Windows pada
umum-nya, dan begitu juga jika dijalankan pada Sistem Operasi Mac ataupun
GNU/Linux. Kenapa ini bisa terjadi, karena AWT (Abstract Window Toolkit) ini
benar-benar memanggil native subrutin untuk menggambar setiap komponen-nya ke
layar.
2. SWT (Standart Widget Tookit)
SWT (Standart Widget Toolkit) adalah
sebuah GUI Toolkit yang dikeluaran oleh IBM sebagai alternatif dari AWT/Java
Swing milik SUN Microsystem. SWT terdapat pada package java.swt. package
java.swt berisis komponen-komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi.
Tampilan
dari java.swt menyesuaikan dengan sistem operasi sehingga mengakibatkan
dependensi sistem. Namun performa dari SWT ini sama dengan swing. Yang
membedakan antara SWT (Standart Widget Toolkit) dan AWT/Java Swing adalah SWT
ini benar-benar mengakses native GUI library yang terdapat pada Sistem Operasi
melalui JNI (Java Native Interface).
3. SWING
Java Swing adalah librari java yang
digunkan untuk menciptakan Grafik User Interface (GUI). Dengan Java Swing kita
dapat membuat user interface yang cross platform atau OS independent. Artinya
user interface yang kita buat dapat dijalankan pada system operasi apa saja (OS
yang suport Java) dengan tampilan yang relative sama. Bahkan kita dapat membuat
user interface yang menyerupai Windows XP, Mac OS atau Linux tanpa tergantung
dari OS yang kita gunakan. SWING, adalah salah satu bagian dari Java Foundation
Classes (JFC). Pada JFC ini juga terdapat fasilitas untuk menambahkan Rich
Graphic Functionality.
2.5
Kelebihan dan
Kekurangan GUI
Kelebihan
GUI :
1.
Desain
Grafis lebih menarik.
2.
GUI
memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3.
Memudahkan
pengguna.
4.
Menarik
minat pengguna.
5.
Resolusi
gambar yang tinggi.
Kekurangan
GUI :
1.
Memakan
memory yang sangat besar.
2.
Bergantung
pada perangkat keras.
3.
Membutuhkan
banyak tempat pada layar komputer.
4.
Tidak
fleksibel.
2.6
PostTest Modul
7
Membuat program calculator
1. Buat desain menggunakan
objek yang ada pada palette.
2. Gunakan JLabel
untuk membuat tulisan.
3. Gunakan
JButton untuk membuat tombol yang diperlukan.
4. Pada tab
properties kita dapat mengatur beberapa settingan seputar objek yang digunakan.
5. Posisikan
semua objek dengan rapi hingga seperti gambar berikut.
6. Ganti nama
pada setiap objek yang sudah digunakan, dengan klik objek nya lalu tekan f2.
Hasil Run
Program :
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Java GUI adalah
pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang
berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan komponen-komponen yang tidak bisa
dibuat dalam basis text. Komponen-komponen tersebut bisa berupa tombol,gambar,
dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat
tersebut.Dalam Java, terdapat dua paket yang dapat digunakan untuk
mengembangkan program-program GUI, yaitu AWT dan Swing. AWT adalah istilah bagi
sekumpulan objek GUI yang dibawa oleh Java diawal kemunculannya ketika masih
mengusung nama Java (Bukan Java 2). Secara umum bisa dikatakan bentuk dari
objek-objek AWT akan mengikuti bentuk default yang dibawa oleh sistem operasi,
misalnya WINDOWS. Swing adalah sebutan bagi objek visual yang dibawa Java 2.
Objek-objek Swing merupakan pengembangan dari objek AWT. Objek Swing memiliki
desain yang berbeda dibandingkan dengan desain default dari sistem operasi.
Dengan kata lain objek Swing adalah objek visual yang mengusung teknologi Java
murni.
DAFTAR PUSTAKA
1. Modul Praktikum Bahasa
Pemograman 1 FKOM UNIKU
Komentar
Posting Komentar