MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 7)

  BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
MODUL 7

(Makalah ini diajukan untuk memnuhi tugas
mata kuliah Baha Pemrograman 1)




Disusun Oleh :
NAMA           : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM               : 20160910027
KELAS          : SISTEM INFORMASI 2016 A





UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER






KATA  PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
Tujuan utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Bahasa Pemrograman 1, dan penulis mengambil judul “BAHASA PEMROGRAMAN JAVA MODUL 7”. Tujuan selanjutnya untuk para pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi mengenai segala dasar mengenai bahasa pemrograman Java.
Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik di masa mendatang.
Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat  tersusun dengan baik


Kuningan, Desember 2017


Penulis




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .............................................................................. i
DAFTAR ISI .............................................................................................. ii
BAB I      : PENDAHULUAN                                                                   
1.1.  Latar Belakang................................................................... 1
1.2. Tujuan ................................................................................ 1
BAB II     : ISI
2.1.  Pengertian GUI ................................................................. 2
2.2.  Pengertian Java GUI ........................................................ 2
2.3.  Fungsi GUI ........................................................................ 3
2.4.  Jenis GUI .......................................................................... 3
2.5.  Kelebihan dan Kekurangan GUI ....................................... 4
2.6.  Post Test Modul 7 ............................................................. 5
BAB III    : PENUTUP
3.1.  Kesimpulan ....................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang

GUI (Graphical User Interface) merupakan salah satu modelinteraksi antara manusia dan komputer. PenggunaGUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows Graphical Unit Interface, merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat mengasumsikan bahwa GUI merupakan sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata (secara interface).Dimana suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik Java GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namun disini GUI pada java adalah salah satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan suatua plikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar. Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen navigasi graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar interface dan dimana nantinya aplikasi tersebut dapat dengan mudah dioperasikan user.

1.2         Tujuan

Tujuan dari penyusunan Makalah ini adalah:
a.      Sebagai bahan pembelajaran mengenai perkembangan teknologi informasi khususnya bahasa pemrograman Java.
b.      Mampu memahami konsep dasar pemrograman GUI.



BAB II
ISI

2.1         Pengertian GUI (Graphic User Interface)
Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut. Kalau dilihat pengertian tentang GUI secara umum adalah Interaksi yang dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik. Contoh implementasi GUI-based shell ini adalah pada sistem operasi Microsoft Windows.

2.2         Pengertian Java GUI
JAVA GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namun disini GUI pada JAVA adalah salah satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan suatu aplikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar. Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar interface dan semuanya itu dirancang dengan penelitian yang baik, dimana nantinya aplikasi tersebut dapat dengan mudah dioperasikan user. Banyak sudah aplikasi yang telah Java kembangankan dengan menggunakan GUI sebagai nilai penggunaan dan nilai jual. Software perangkat lunak dan keras juga termasuk di dalamnya. Java GUI adalah program pengembangan suatu user interface dengan mengetengahkan graphic sebagai penghubung user dengan sistem, sehingga mudah dalam implementasi aplikasi sistem tersebut.
     



2.3         Fungsi GUI
Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
1.      Pointing device dengan perangkat berupa mouse
2.      Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
3.      Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
4.      Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
5.      Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.

2.4         Jenis-Jenis GUI
1.      AWT (Abstract Window Toolkit)
AWT (Abstract Window Toolkit) adalah GUI Toolkit pertama pada bahasa pemrograman Java, sayang-nya AWT ini sangat-sangat kekurangan komponen yang biasa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi desktop secara lengkap (komponen tabel saja tidak ada ) Terlepas dari kurang-nya komponen GUI yang terdapat pada AWT (Abstract Window Toolkit), aplikasi yang dibangun menggunakan AWT (Abstract Window Toolkit) akan tampak seperti aplikasi native. Maksudnya yaitu, jika aplikasi yang dibangun menggunakan AWT (Abstract Window Toolkit) ini dijalankan pada Sistem Operasi Windows. Maka aplikasi ini akan terlihat seperti aplikasi Windows pada umum-nya, dan begitu juga jika dijalankan pada Sistem Operasi Mac ataupun GNU/Linux. Kenapa ini bisa terjadi, karena AWT (Abstract Window Toolkit) ini benar-benar memanggil native subrutin untuk menggambar setiap komponen-nya ke layar.

2.      SWT (Standart Widget Tookit)
SWT (Standart Widget Toolkit) adalah sebuah GUI Toolkit yang dikeluaran oleh IBM sebagai alternatif dari AWT/Java Swing milik SUN Microsystem. SWT terdapat pada package java.swt. package java.swt berisis komponen-komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi.
Tampilan dari java.swt menyesuaikan dengan sistem operasi sehingga mengakibatkan dependensi sistem. Namun performa dari SWT ini sama dengan swing. Yang membedakan antara SWT (Standart Widget Toolkit) dan AWT/Java Swing adalah SWT ini benar-benar mengakses native GUI library yang terdapat pada Sistem Operasi melalui JNI (Java Native Interface).

3.      SWING
Java Swing adalah librari java yang digunkan untuk menciptakan Grafik User Interface (GUI). Dengan Java Swing kita dapat membuat user interface yang cross platform atau OS independent. Artinya user interface yang kita buat dapat dijalankan pada system operasi apa saja (OS yang suport Java) dengan tampilan yang relative sama. Bahkan kita dapat membuat user interface yang menyerupai Windows XP, Mac OS atau Linux tanpa tergantung dari OS yang kita gunakan. SWING, adalah salah satu bagian dari Java Foundation Classes (JFC). Pada JFC ini juga terdapat fasilitas untuk menambahkan Rich Graphic Functionality.

2.5         Kelebihan dan Kekurangan GUI
Kelebihan GUI :
1.    Desain Grafis lebih menarik.
2.    GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3.    Memudahkan pengguna.
4.    Menarik minat pengguna.
5.    Resolusi gambar yang tinggi.
Kekurangan GUI :
1.    Memakan memory yang sangat besar.
2.    Bergantung pada perangkat keras.
3.    Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4.    Tidak fleksibel.




2.6         PostTest Modul 7

Membuat program calculator

1.    Buat desain menggunakan objek yang ada pada palette.


2.    Gunakan JLabel untuk membuat tulisan.
3.    Gunakan JButton untuk membuat tombol yang diperlukan.
4.    Pada tab properties kita dapat mengatur beberapa settingan seputar objek yang digunakan.                  

5.    Posisikan semua objek dengan rapi hingga seperti gambar berikut.

6.    Ganti nama pada setiap objek yang sudah digunakan, dengan klik objek nya lalu tekan f2.

Hasil Run Program :



BAB III
PENUTUP


3.1       Kesimpulan

Java GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan komponen-komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-komponen tersebut bisa berupa tombol,gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.Dalam Java, terdapat dua paket yang dapat digunakan untuk mengembangkan program-program GUI, yaitu AWT dan Swing. AWT adalah istilah bagi sekumpulan objek GUI yang dibawa oleh Java diawal kemunculannya ketika masih mengusung nama Java (Bukan Java 2). Secara umum bisa dikatakan bentuk dari objek-objek AWT akan mengikuti bentuk default yang dibawa oleh sistem operasi, misalnya WINDOWS. Swing adalah sebutan bagi objek visual yang dibawa Java 2. Objek-objek Swing merupakan pengembangan dari objek AWT. Objek Swing memiliki desain yang berbeda dibandingkan dengan desain default dari sistem operasi. Dengan kata lain objek Swing adalah objek visual yang mengusung teknologi Java murni.

DAFTAR PUSTAKA

1.       Modul Praktikum Bahasa Pemograman 1 FKOM UNIKU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 1)

PROJEK PBO PRADIKA (SEWA KAMERA DSLR)

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 3)