LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK MODUL 1


 LAPORAN PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK
MODUL 1
“Mengenal dan Memulai Java”



Disusun Oleh :
NAMA          : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM              : 20160910027
KELAS        : SISTEM INFORMASI 2016 A





UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER





KATA  PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah PBO.
Tujuan utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah PBO, dan penulis mengambil judul “Mengenal dan Memulai Java”. Tujuan selanjutnya untuk para pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi mengenai segala dasar mengenai bahasa pemrograman Java.

Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik di masa mendatang.

Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat  tersusun dengan baik


Kuningan, November 2018


Pradika Gusti Aryabie




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................. i
DAFTAR ISI ............................................................................................. ii
BAB I      : PENDAHULUAN                                                                   
1.1.  Latar Belakang.................................................................... 1
1.2. Tujuan ................................................................................ 1
BAB II    : ISI
2.1.  Pengertian Java................................................................... 2
2.2.  Struktur Penulisan Java....................................................... 3
2.3.  Tugas Individu Modul 1 ..................................................... 7
BAB III   : PENUTUP
3.1.   Kesimpulan ........................................................................ 10
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
 Dengan kondisi dunia yang semakin mengglobal, tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan perkembangan teknologi setiap tahunnya sudah menjadi barang wajib untuk melakukan inovasi baru dari berbagai variasi yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Jika kita melihat realita masa sekarang nampaknya perbaharuan teknologi yang sangat signifikan dan semakin modern, selalu diikuti oleh penggemar bidang IT. Karena terbukti di zaman sekarang teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia, baik dari tingkat pemerintah pusat sampai pemerintah desa, perusahaan, supermarket, mini market, maupun lembaga pendidikan dari semua jenjang hampir semua mengenal komputer. Komputer dapat dijadikan sarana belajar dengan konsep e-learning yang melatih kita untuk belajar mandiri.
Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan lingkungan yang semakin luas dan banyak diminati, dan mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi yaitu dunia pemrograman komputer. Seperti halnya dunia pemrograman komputer dikenal banyak bahasa pemrograman komputer, seperti C, C++, Pascal Basic, Java,  dan lain-lain. di anatara bahasa pemrograman, java adalah yang paling diminati, karena perannya yang sudah tidak diragukan lagi dan ke eksisannya dalam perkembangan TI. Oleh karena itu yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bahasa pemrograman java, dan hal-hal menarik yang ada dalam bahasa pemrograman java.
1.2         Tujuan
Tujuan dari penyusunan Makalah ini adalah:
a.         Dapat memahami pengertian Java.
b.        Dapat memahami struktur penulisan Java.
c.         Dapat membuat program Java.



BAB II
ISI

2.1              Pengertian Java
Java adalah sebuah platfrom teknologi pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Micrisystem. Pertama kali dirilis tahun 1991 dengan nama kode Oak, yang kemudian pada tahun 1995 kode Oak diganti dengan nama Java. Yang memotivasi Java dibuat adalah untuk membuat sebuah bahasa pemrograman yang portable dan independent terhadap pltfrom (platfrom independent). Java juga dapat membuat perangkat lunak yang dapat ditanamkan (embedded) pada berbagai mesin dan peralatan konsumer seperti handphone, microwave, remote control, dan lain-lain. kemudian hal ini Java memiliki konsep yang disebut “write once run everywhere” tersebut.
Kita lebih suka menyebut Java sebagai sebuah teknologi dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih lengkap dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman konvensional. Dalam tingakatan level bahasa pemrograman, Java tergolong bahasa tingkat lebih tinggi (higher-level language). Ciri khas dari bahasa yang tingkatannya lebih tinggi adalah kemampuan user untuk memanipulasi operasi pada level hardware lebih rendah. Bahkan pada bahasa higher-lever seperti Java, user benar-benar tidak dapat melakukan manipulasi pada level hardware secara kangsung, karena operasi-operasi pada hardware misalnya; pengalokasian memory, penghapusan data pada memory sudah dilakukan secara otomatis oleh Java  Virtual Machine (JVM).
Java 2 adalah generasi kedua dari Java platfrom. Sebuah mesin interpreter yang diberi nama Java Virtual Machine (JVM). JVM ini lah yang akan membaca bytecode dalam file. Class dari suatu program sebagai reprsentasi langsung dari program yang berisi bahasa mesin. Dengan demikian bahasa java disebut sebagai bahasa pemrograman yang portabel karena dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi seperti, Windows, Linux, Unix, MacOS, atau SymbianOS (mobile) asalkan pada sistem operasi tersebut terdapat JVM.  Kunci dari portabilitas ini adalah keluaran hasil kompilasi java bukanlah file executable melainkan berbentuk bytecode.
Sebenarnya eksekusi interpreter lebih lambat dibandingkan dengan kompilasi executable, maka Sun menyuplai teknologi HotSpot yang menyediakan compiler JIT (Just In-Time) untuk bytecode dan menjadi bagian dari JVM untuk mengkompilasi bytecode menjadi executable code secara real-time, sehingga menjalankan aplikasi Java lebih cepat.
Ekstensi java harus dikompilasikan menjadi file bytecode, agar program java dapat dijalankan. Untuk menjalankan bytecode tersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang memungkinkan pemakai untuk menjalankan program java, hanya menjalankan, tidak untuk membuat kode baru lagi. JRE berisi JVM dan library java yang digunakan.

2.2              Struktur Penulisan Program Java
Package
Package atau paket adalah cara pengelompokan dan pengorganisasian class-class dalam satu library. Package bekerja dengan membuat direktori dan folder baru sesuai denga penamaan package, kemudian menyimpan file class pada folder tersebut.

Deklarasi package sebagai berikut:
package namaPackage;

Package adalah perintah java yang digunakan untuk memberitahukan bahwa suatu class adalah anggota dari package, sedangkan namaPackage dapat berupa susunan direktori tempat dimana file class disimpan atau nama folder. Penulisan nama package dalam java biasanya diawali denga huruf kecil.

Import
Perintah import digunakan untuk memberitahukan kepada program untuk mengacu pada class-class yang terdapat pada package tersebut dan buka menjalankan class-class tersebut. Dalam program, anda dapat mengimport class-class tertentu saja dan dapat pula mengimport semua class yang terdapat pada package.

Deklarasi:
import namaPackage.*;
import namaPackage.namaKelas;

Untuk mengimport semua class anda menggunakan tanda asterisk (*) pada akhir nama package. Sedangkan untuk mengimpor class tertentu anda dapat menuliskan nama class setelah nama package.

Komentar dalam java
Komentar adalah catatan yang ditulis bersama kode program yang berguna sebagai catatan/keterangan dari suatu kode, sehingga dapat digunakan sebagai referensi dalam pembuatan dokmentasi. Komentar merupakan bagian dari program yang tidak mempengaruhi jalanya program saat program dikompilasi atau dieksekusi.

Dalam penulisan komentar, java mengizinkan penulisan komentar dalam versi java sendiri yang dapat digunakan sebagai pembuatan dokumentasi html. Selain itu java juga mengadopsi penulisan versi C dan C++ akan tetapi dapat dibuat dokumnetasi html.

Penulisan komentar versi java diawali dengan /** . didalam tanda tersebut anda dapat menulisakan lebih dari satu baris komentar. Contoh:

/**
*ini adalah contoh komentar dalam versi java
*menguasai pemrograman java
*/

Identifier JAVA
Identifier adalah suatu tanda yang berupa huruf, lata, atau gabungan kata yang digunakan sebagai nama variable, method, class, dan sebagainya.

Deklarasi Class
Dalam deklarasi class, pertimbangan dimana dan bagaimana class tersebut digunakan (menentukan modifier). Kemudian berilah nama (identifier) yang sesuai dengan informasi yang dikandungnya dan tuliskan deklarasi property secara lengkap beserta method secara urut. Pilihlah modifier yang sesuai untuk menentukan hubungan dengan class lain.

Bentuk umum:
(modifier_1) namaKelas (modifier_2) {
<deklarasi variable/property>
<deklarasi konstruktor>
<deklarasi method>
}

Modifier
Modifier adalah keyword java yang berfungsi mengatur hubungan antar class, mothod, dan variable. Hubungan yang dimaksud yakni apakah suatu variable, method dan class dama satu class dapat diakses oleh class dan method lainya.




Blok statement java
Blok statement adalah himpunan pernyataan yang terdapat diantara kurung kurawal buka dan kurung kurawal tutup({…}). Blok sendiri terdiri dari 3 macam, yaitu:
Blok class - Blok class dimulai dari tanda “{“ setelah identifier dan diakhiri dengan tanda “}”. Disini terlihat blok class sebagai hierarkhi tertinggi yang didalamnya terdapat data, blok method.
Blok method - Blok method terdapat dalam blok class dan tidak dapat berdiri sendiri. Blok method terdiri atas data dan struktur control.
Blok control - Blok kotrol merupakan representasi struktur control

Deklarasi method
Method adalah bagian program yang menjelaskan tingkah laku dari objek yang akan diinstan. Method tidak dapat berdiri sendiri sebagaimana class, dimana letak penulisan berada dalam badan class.
Deklarasi method:
(modifier) tipeKembalian namaMethod (parameter input) throws exception {
Statement
}




2.3              Tugas Individu
Kode Program :


Hasil Run Program :


Analisis Program :
Dalam Kode program diatas, terdapat struktur penulisan untuk menmenghitung sebuah bangun ruang Balok. Pada line pertama terdapat package Pertemuan1; yang berarti file kode program tersebut terdapat di dalam folder package pertemuan1.

Pada line kedua terdapat java.util.Scanner; yang berarti dalam program ini akan menggunakan fungsi scanner yang digunakan untuk menginputkan nilai.
Pada line ketiga terdapat public class prak1; yang berarti kode program ini diberi nama dengan tugas_m1.

Pada line keempat terdapat public static void main(String[] args){ yang berarti dalam class ini terdapat main utama sehingga pada class tugas_m1 program dapat dijalankan, program yang akan ditampilkan ditulis pada main utama.
Terlihat pada main utama terdapat kode Scanner sc=new Scanner(System.in); yang berarti untuk menginputkan data dengan fungsi Scanner didaftarkan dengan nama variabel sc.

Pada line berikutnya terdapat kode program untuk menampilkan tulisan dan terdapat perbedaan antara println dan print. Pada kode program println atau disebut juga printline, diakhir tulisan akan membuat baris baru. Sedangkan untuk print, diakhir tulisan yang ditampilkan tidak ada baris baru seperti yang dapat dilihat pada contoh diatas.

Lalu terdapat kode p=sc.nextInt(); yang berarti kode tersebut digunakan untuk menginput nilai dengan type data Int pada variable p untuk nilai panjang. Sama halnya dengan inputan yang lain dan letakan sesuai dengan nama variable nya.

Terdapat juga method yang digunakan untuk memproses nilai keliling, luas permukaan, dan volume. Method ini dideklarasikan dengan type data int dan 3 variabel dengan type data int untuk memproses nilai yang didapat dari main utama. Karna dalam method ini menggunakan public int yang berarti harus ada nilai balikan, isi nilai balikan tersebut dengan rumus sesuai fungi seperti terlihat pada gambar diatas. Rumus tersebut menggunakan variable x,y,z yang didapatkan dari nilai p,l,t yang didaftarkan pada fungsi pemanggilan.

Kembali pada main utama, terdapat pendaftaran nama class tugas_m1 karna akan memanggil fungsi lain yng terdapat pada class tersebut, dalam pendeklarasiannya diinisialisasikan dengan variable n.

Lalu pada saat proses pemanggilan nilai, karna prosesnya terdapat pada masing masing method, jadi pada saat pemanggilan kita panggil variable yang diinisialisasikan untuk class tresebut diikutidengan tanda titik (.) dan nama masing-masing methodnya dengan pendaftaran variable yang ditulis dalam parameternya p,l,t yang akan diproses disetiap methodnya.

Hasilnya dapat dilihat pada hasil run program, ketika kita inputkan nilai untuk panjang, lebar, dan tinggi proses selanjutnya adalah menampilkan hasil perhitungan yang diproses melalui method.





BAB III
PENUTUP


3.1       Kesimpulan
Java Itu Mudah.




DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 1)

PROJEK PBO PRADIKA (SEWA KAMERA DSLR)

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 3)