LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK MODUL 1
LAPORAN PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN
BERBASIS OBJEK
MODUL 1
“Mengenal dan Memulai Java”
Disusun Oleh :
NAMA : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM : 20160910027
KELAS : SISTEM
INFORMASI 2016 A
UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur
kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin
kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah
ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah PBO.
Tujuan
utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari
mata kuliah PBO, dan
penulis mengambil judul “Mengenal
dan Memulai Java”.
Tujuan
selanjutnya untuk para pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi
mengenai segala
dasar mengenai bahasa pemrograman Java.
Semoga
dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu
penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik
di masa mendatang.
Akhirnya
penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan
bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat tersusun dengan
baik
Kuningan, November 2018
Pradika
Gusti Aryabie
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................. i
DAFTAR ISI ............................................................................................. ii
BAB I : PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang.................................................................... 1
1.2.
Tujuan ................................................................................ 1
BAB
II : ISI
2.1. Pengertian Java................................................................... 2
2.2. Struktur Penulisan Java....................................................... 3
2.3. Tugas Individu Modul 1
..................................................... 7
BAB
III : PENUTUP
3.1.
Kesimpulan ........................................................................ 10
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dengan kondisi dunia yang semakin mengglobal,
tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan perkembangan teknologi setiap tahunnya
sudah menjadi barang wajib untuk melakukan inovasi baru dari berbagai variasi
yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Jika kita melihat realita masa sekarang
nampaknya perbaharuan teknologi yang sangat signifikan dan semakin modern,
selalu diikuti oleh penggemar bidang IT. Karena terbukti di zaman sekarang
teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia, baik
dari tingkat pemerintah pusat sampai pemerintah desa, perusahaan, supermarket,
mini market, maupun lembaga pendidikan dari semua jenjang hampir semua mengenal
komputer. Komputer dapat dijadikan sarana belajar dengan konsep e-learning yang
melatih kita untuk belajar mandiri.
Saat ini, dengan perkembangan
teknologi yang semakin berkembang dengan lingkungan yang semakin luas dan
banyak diminati, dan mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi yaitu dunia
pemrograman komputer. Seperti halnya dunia pemrograman komputer dikenal banyak
bahasa pemrograman komputer, seperti C, C++, Pascal Basic, Java, dan lain-lain. di anatara bahasa pemrograman,
java adalah yang paling diminati, karena perannya yang sudah tidak diragukan
lagi dan ke eksisannya dalam perkembangan TI. Oleh karena itu yang akan dibahas
dalam makalah ini adalah bahasa pemrograman java, dan hal-hal menarik yang ada
dalam bahasa pemrograman java.
1.2
Tujuan
Tujuan dari penyusunan
Makalah ini adalah:
a.
Dapat memahami
pengertian Java.
b.
Dapat memahami
struktur penulisan Java.
c.
Dapat membuat
program Java.
BAB II
ISI
2.1
Pengertian Java
Java adalah sebuah platfrom teknologi
pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Micrisystem. Pertama kali dirilis tahun
1991 dengan nama kode Oak, yang kemudian pada tahun 1995 kode Oak diganti
dengan nama Java. Yang memotivasi Java dibuat adalah untuk membuat sebuah
bahasa pemrograman yang portable dan independent terhadap pltfrom (platfrom
independent). Java juga dapat membuat perangkat lunak yang dapat ditanamkan
(embedded) pada berbagai mesin dan peralatan konsumer seperti handphone,
microwave, remote control, dan lain-lain. kemudian hal ini Java memiliki konsep
yang disebut “write once run everywhere” tersebut.
Kita lebih suka menyebut Java sebagai
sebuah teknologi dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih
lengkap dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman konvensional. Dalam
tingakatan level bahasa pemrograman, Java tergolong bahasa tingkat lebih tinggi
(higher-level language). Ciri khas dari bahasa yang tingkatannya lebih tinggi
adalah kemampuan user untuk memanipulasi operasi pada level hardware lebih
rendah. Bahkan pada bahasa higher-lever seperti Java, user benar-benar tidak
dapat melakukan manipulasi pada level hardware secara kangsung, karena
operasi-operasi pada hardware misalnya; pengalokasian memory, penghapusan data
pada memory sudah dilakukan secara otomatis oleh Java Virtual Machine (JVM).
Java 2 adalah generasi kedua dari Java
platfrom. Sebuah mesin interpreter yang diberi nama Java Virtual Machine (JVM).
JVM ini lah yang akan membaca bytecode dalam file. Class dari suatu program
sebagai reprsentasi langsung dari program yang berisi bahasa mesin. Dengan
demikian bahasa java disebut sebagai bahasa pemrograman yang portabel karena
dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi seperti, Windows, Linux, Unix,
MacOS, atau SymbianOS (mobile) asalkan pada sistem operasi tersebut terdapat
JVM. Kunci dari portabilitas ini adalah
keluaran hasil kompilasi java bukanlah file executable melainkan berbentuk
bytecode.
Sebenarnya eksekusi interpreter lebih
lambat dibandingkan dengan kompilasi executable, maka Sun menyuplai teknologi
HotSpot yang menyediakan compiler JIT (Just In-Time) untuk bytecode dan menjadi
bagian dari JVM untuk mengkompilasi bytecode menjadi executable code secara
real-time, sehingga menjalankan aplikasi Java lebih cepat.
Ekstensi java harus dikompilasikan
menjadi file bytecode, agar program java dapat dijalankan. Untuk menjalankan
bytecode tersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang memungkinkan
pemakai untuk menjalankan program java, hanya menjalankan, tidak untuk membuat
kode baru lagi. JRE berisi JVM dan library java yang digunakan.
2.2
Struktur Penulisan Program Java
Package
Package
atau paket adalah cara pengelompokan dan pengorganisasian class-class dalam
satu library. Package bekerja dengan membuat direktori dan folder baru sesuai
denga penamaan package, kemudian menyimpan file class pada folder tersebut.
Deklarasi
package sebagai berikut:
package namaPackage;
Package
adalah perintah java yang digunakan untuk memberitahukan bahwa suatu class
adalah anggota dari package, sedangkan namaPackage dapat berupa susunan
direktori tempat dimana file class disimpan atau nama folder. Penulisan nama
package dalam java biasanya diawali denga huruf kecil.
Import
Perintah
import digunakan untuk memberitahukan kepada program untuk mengacu pada class-class
yang terdapat pada package tersebut dan buka menjalankan class-class tersebut.
Dalam program, anda dapat mengimport class-class tertentu saja dan dapat pula
mengimport semua class yang terdapat pada package.
Deklarasi:
import namaPackage.*;
import
namaPackage.namaKelas;
Untuk
mengimport semua class anda menggunakan tanda asterisk (*) pada akhir nama
package. Sedangkan untuk mengimpor class tertentu anda dapat menuliskan nama
class setelah nama package.
Komentar dalam java
Komentar
adalah catatan yang ditulis bersama kode program yang berguna sebagai
catatan/keterangan dari suatu kode, sehingga dapat digunakan sebagai referensi
dalam pembuatan dokmentasi. Komentar merupakan bagian dari program yang tidak
mempengaruhi jalanya program saat program dikompilasi atau dieksekusi.
Dalam
penulisan komentar, java mengizinkan penulisan komentar dalam versi java
sendiri yang dapat digunakan sebagai pembuatan dokumentasi html. Selain itu
java juga mengadopsi penulisan versi C dan C++ akan tetapi dapat dibuat
dokumnetasi html.
Penulisan
komentar versi java diawali dengan /** . didalam tanda tersebut anda dapat
menulisakan lebih dari satu baris komentar. Contoh:
/**
*ini adalah contoh
komentar dalam versi java
*menguasai pemrograman
java
*/
Identifier JAVA
Identifier
adalah suatu tanda yang berupa huruf, lata, atau gabungan kata yang digunakan
sebagai nama variable, method, class, dan sebagainya.
Deklarasi
Class
Dalam
deklarasi class, pertimbangan dimana dan bagaimana class tersebut digunakan
(menentukan modifier). Kemudian berilah nama (identifier) yang sesuai dengan
informasi yang dikandungnya dan tuliskan deklarasi property secara lengkap
beserta method secara urut. Pilihlah modifier yang sesuai untuk menentukan
hubungan dengan class lain.
Bentuk
umum:
(modifier_1) namaKelas
(modifier_2) {
<deklarasi
variable/property>
<deklarasi
konstruktor>
<deklarasi
method>
}
Modifier
Modifier
adalah keyword java yang berfungsi mengatur hubungan antar class, mothod, dan
variable. Hubungan yang dimaksud yakni apakah suatu variable, method dan class
dama satu class dapat diakses oleh class dan method lainya.
Blok statement java
Blok
statement adalah himpunan pernyataan yang terdapat diantara kurung kurawal buka
dan kurung kurawal tutup({…}). Blok sendiri terdiri dari 3 macam, yaitu:
Blok class - Blok
class dimulai dari tanda “{“ setelah identifier dan diakhiri dengan tanda “}”.
Disini terlihat blok class sebagai hierarkhi tertinggi yang didalamnya terdapat
data, blok method.
Blok method - Blok
method terdapat dalam blok class dan tidak dapat berdiri sendiri. Blok method
terdiri atas data dan struktur control.
Blok control - Blok
kotrol merupakan representasi struktur control
Deklarasi method
Method
adalah bagian program yang menjelaskan tingkah laku dari objek yang akan
diinstan. Method tidak dapat berdiri sendiri sebagaimana class, dimana letak
penulisan berada dalam badan class.
Deklarasi
method:
(modifier)
tipeKembalian namaMethod (parameter input) throws exception {
Statement
}
2.3
Tugas Individu
Kode Program :
Hasil Run Program :
Analisis Program :
Dalam Kode program
diatas, terdapat struktur penulisan untuk menmenghitung sebuah bangun ruang Balok.
Pada line pertama terdapat package
Pertemuan1; yang berarti file kode program tersebut terdapat di dalam
folder package pertemuan1.
Pada line kedua terdapat java.util.Scanner; yang berarti dalam
program ini akan menggunakan fungsi scanner yang digunakan untuk menginputkan
nilai.
Pada line ketiga terdapat
public class prak1; yang berarti kode
program ini diberi nama dengan tugas_m1.
Pada line keempat
terdapat public static void main(String[]
args){ yang berarti dalam class ini terdapat main utama sehingga pada class
tugas_m1 program dapat dijalankan, program yang akan ditampilkan ditulis pada
main utama.
Terlihat pada main utama
terdapat kode Scanner sc=new
Scanner(System.in); yang berarti untuk menginputkan data dengan fungsi Scanner
didaftarkan dengan nama variabel sc.
Pada line berikutnya
terdapat kode program untuk menampilkan tulisan dan terdapat perbedaan antara println dan print. Pada kode program println atau disebut juga printline,
diakhir tulisan akan membuat baris baru. Sedangkan untuk print, diakhir tulisan
yang ditampilkan tidak ada baris baru seperti yang dapat dilihat pada contoh
diatas.
Lalu terdapat kode p=sc.nextInt(); yang berarti kode
tersebut digunakan untuk menginput nilai dengan type data Int pada variable p
untuk nilai panjang. Sama halnya dengan inputan yang lain dan letakan sesuai
dengan nama variable nya.
Terdapat juga method yang
digunakan untuk memproses nilai keliling, luas permukaan, dan volume. Method ini
dideklarasikan dengan type data int dan 3 variabel dengan type data int untuk
memproses nilai yang didapat dari main utama. Karna dalam method ini
menggunakan public int yang berarti harus ada nilai balikan, isi nilai balikan
tersebut dengan rumus sesuai fungi seperti terlihat pada gambar diatas. Rumus tersebut
menggunakan variable x,y,z yang didapatkan dari nilai p,l,t yang didaftarkan
pada fungsi pemanggilan.
Kembali pada main utama,
terdapat pendaftaran nama class tugas_m1 karna akan memanggil fungsi lain yng
terdapat pada class tersebut, dalam pendeklarasiannya diinisialisasikan dengan variable
n.
Lalu pada saat proses
pemanggilan nilai, karna prosesnya terdapat pada masing masing method, jadi
pada saat pemanggilan kita panggil variable yang diinisialisasikan untuk class
tresebut diikutidengan tanda titik (.) dan nama masing-masing methodnya dengan
pendaftaran variable yang ditulis dalam parameternya p,l,t yang akan diproses
disetiap methodnya.
Hasilnya dapat dilihat
pada hasil run program, ketika kita inputkan nilai untuk panjang, lebar, dan
tinggi proses selanjutnya adalah menampilkan hasil perhitungan yang diproses
melalui method.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Java Itu Mudah.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar