LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK MODUL 3
LAPORAN PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN
BERBASIS OBJEK
MODUL 3
“OOP Lanjutan”
Disusun Oleh :
NAMA : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM : 20160910027
KELAS : SISTEM
INFORMASI 2016 A
UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur
kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin
kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah
ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah PBO.
Tujuan
utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari
mata kuliah PBO, dan
penulis mengambil judul “OOP
Lanjutan”.
Tujuan
selanjutnya untuk para pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi
mengenai segala
dasar mengenai bahasa pemrograman Java.
Semoga
dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu
penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik
di masa mendatang.
Akhirnya
penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan
bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat tersusun dengan
baik
Kuningan, Januari 2019
Pradika
Gusti Aryabie
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ................................................................................ i
DAFTAR
ISI ............................................................................................... ii
BAB
I : PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang.................................................................... 1
1.2. Tujuan ................................................................................ 1
BAB II : ISI
2.1. Pengertian
Objek ................................................................ 2
2.2. Method Accessor Dan
Method Mutator ............................. 2
2.3. Post Test
Modul 3 .............................................................. 7
BAB III : PENUTUP
3.1. Kesimpulan ........................................................................ 10
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dengan kondisi dunia yang semakin mengglobal,
tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan perkembangan teknologi setiap tahunnya
sudah menjadi barang wajib untuk melakukan inovasi baru dari berbagai variasi
yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Jika kita melihat realita masa sekarang
nampaknya perbaharuan teknologi yang sangat signifikan dan semakin modern,
selalu diikuti oleh penggemar bidang IT. Karena terbukti di zaman sekarang
teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia, baik
dari tingkat pemerintah pusat sampai pemerintah desa, perusahaan, supermarket,
mini market, maupun lembaga pendidikan dari semua jenjang hampir semua mengenal
komputer. Komputer dapat dijadikan sarana belajar dengan konsep e-learning yang
melatih kita untuk belajar mandiri.
Saat
ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan lingkungan
yang semakin luas dan banyak diminati, dan mempunyai nilai ekonomi yang sangat
tinggi yaitu dunia pemrograman komputer. Seperti halnya dunia pemrograman
komputer dikenal banyak bahasa pemrograman komputer, seperti C, C++, Pascal
Basic, Java, dan lain-lain. di anatara
bahasa pemrograman, java adalah yang paling diminati, karena perannya yang
sudah tidak diragukan lagi dan ke eksisannya dalam perkembangan TI. Oleh karena
itu yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bahasa pemrograman java, dan
hal-hal menarik yang ada dalam bahasa pemrograman java.
1.2
Tujuan
Tujuan
dari penyusunan Makalah
ini adalah:
a.
Dapat memahami Konsep OOP.
b.
Dapat memahami Konsep Objek, class, Atribut, dll.
BAB II
ISI
2.1
Pengertian Objek
Setiap
Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel
(untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari
sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari obyek).Objek merupakan sebuah
instance dari class. jika class secara umum mempresentasikan template sebuah
objek, sebuah instance adalah represenstasi nyata dari class itu sendiri. Cara
pembuatan objek: menggunakan perintah new
NamaKelas
NamaObjek = new NamaConstruktor(); Atau
NamaKelas
NamaObjek;
NamaObjek =
new NamaConstruktor();
Contoh: dari
class Motor dapat dibuat objek honda, yamaha, suzuki,dll. Method adalah suatu operasi
berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek atau dapat
dikatakan method adalah perilaku dari objek. Method memiliki 4 (empat) bagian
dasar, antara lain:
a. Nama method
b. Tipe Objek atau tipe primitive
yang dikembalikan metode
c. Daftar parameter
d. Badan atau isi method
Construktor merupakan method khusus yang digunakan untuk
menginisialisasi objek dan masing-masing class pasti memiliki minimal satu
construktor. Perbedaan method biasa dengan construktor adalah nama method.
Construktor memiliki nama method sama persis dengan nama classnya, tidak
bertipe dan tidak memiliki nilai kembalian.Pemanggilan Construktor dapat
dilakukan dengan refrensi this( ).
2.2
Method
Accessor dan Method Mutator
Method Accessor merupakan method yang digunakan untuk
mengambil nilai variabel pada suatu class. Method accessor disebut juga dengan
getter. Sedangkan Method Mutator merupakan method yang digunakan untuk
memberikan nilai pada variabel. Method mutator disebut juga dengan setter.
Kedua metode tersebut menggunakan access modifier public. Variabel yang digunakan
untuk getter dan setter menggunakan access modifier private.
2.3
Post Test
Modul 3
Kode Program :
Buat file hewan.java
public class hewan {
public String nama;
public hewan(String n){
this.nama=n;
}
public String tampilkanNama(){
return nama;
}
public void makan(){
System.out.println("Nyam..
nyam.. nyam..");
}
}
|
Buat file kucing.java
public class kucing {
public static void main(String[] args) {
manusia nm=new
manusia("Kucing");
System.out.println("Nama Hewan :
"+nm.tampilkanNama());
nm.makan();
}
}
|
Hasil Run Program :

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
OOP(Object Oriented Programming) melihat sebuah
program sebagai sebuah “objek” yang memiliki attribut dan method, setiap objek
tentu memiliki attribut dan method yang berbeda sehingga mudah dalam membedakan
objek yang satu dengan yang lain.
OOP dapat mempermudah penyusunan dan pembuatan
sebuah Program, khususnya yang berskala besar.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Modul
Pemrograman Berorientasi Objek, Modul 3, FKOM UNIKU
Komentar
Posting Komentar