LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK MODUL 4


 LAPORAN PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK
MODUL 4
“Construktor”



Disusun Oleh :
NAMA          : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM              : 20160910027
KELAS        : SISTEM INFORMASI 2016 A





UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER





KATA  PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah PBO.
Tujuan utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah PBO, dan penulis mengambil judul “Construktor”. Tujuan selanjutnya untuk para pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi mengenai segala dasar mengenai bahasa pemrograman Java.

Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik di masa mendatang.

Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat  tersusun dengan baik


Kuningan, Januari 2019


Pradika Gusti Aryabie




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................ i
DAFTAR ISI ............................................................................................... ii
BAB I      : PENDAHULUAN                                                                     
1.1.  Latar Belakang.................................................................... 1
1.2. Tujuan ................................................................................ 1
BAB II     : ISI
2.1.  Pengertian Construktor ....................................................... 2
2.2.  Jenis Construktor ............................................................... 2
2.3.  Post Test Modul 4 .............................................................. 7
BAB III   : PENUTUP
3.1.   Kesimpulan ........................................................................ 10
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
 Dengan kondisi dunia yang semakin mengglobal, tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan perkembangan teknologi setiap tahunnya sudah menjadi barang wajib untuk melakukan inovasi baru dari berbagai variasi yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Jika kita melihat realita masa sekarang nampaknya perbaharuan teknologi yang sangat signifikan dan semakin modern, selalu diikuti oleh penggemar bidang IT. Karena terbukti di zaman sekarang teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia, baik dari tingkat pemerintah pusat sampai pemerintah desa, perusahaan, supermarket, mini market, maupun lembaga pendidikan dari semua jenjang hampir semua mengenal komputer. Komputer dapat dijadikan sarana belajar dengan konsep e-learning yang melatih kita untuk belajar mandiri.
Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan lingkungan yang semakin luas dan banyak diminati, dan mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi yaitu dunia pemrograman komputer. Seperti halnya dunia pemrograman komputer dikenal banyak bahasa pemrograman komputer, seperti C, C++, Pascal Basic, Java,  dan lain-lain. di anatara bahasa pemrograman, java adalah yang paling diminati, karena perannya yang sudah tidak diragukan lagi dan ke eksisannya dalam perkembangan TI. Oleh karena itu yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bahasa pemrograman java, dan hal-hal menarik yang ada dalam bahasa pemrograman java.
1.2         Tujuan
Tujuan dari penyusunan Makalah ini adalah:
a.        Dapat memahami Konsep Construktor.



BAB II
ISI

2.1              Pengertian Construktor
Constructor adalah method yang secara otomatis dipanggil/dijalankan pada saat sebuah class  diinstansi. Jika dalam sebuah class tidak terdapat constructor  maka secara otomatis Java akan  membuatkan sebuah default constructor. Nama constructor harus sama dengan nama class dan tidak boleh memiliki tipe return value. Sama halnya dengan method, constructor dapat memiliki satu atau banyak parameter maupun tanpa parameter. Constructor  biasanya digunakan untuk memberi nilai awal dari atribut-atribut class tersebut. Contoh :
class  Login {
private  String  nama,  paswd;
Login()  {
this.nama =  “”;
this.paswd  =  “”;
}
}

2.2              Jenis Construktor
Mutiple Constructor
Java tidak membatasi jumlah constructor dalam satu class, sehingga memungkinkan  sebuah  class memiliki lebih dari satu constructor. Multiple constructor adalah adanya lebih dari satu contructor untuk sebuah class.Yang membedakan antara satu constructor dengan constructor lainnya adalah pada parameternya(nama constructornya sama). Contoh :
class  Login {
private  String  nama,  paswd;
Login()  {
this.nama =  “”;
this.paswd  =  “”;
}
}
Login(String  nama,  String  paswd){
 this.nama =  nama;
this.paswd  =  paswd;
}
public  void  setNama(String  nama){
this.nama  =  nama
}
public  void  setPaswd(String  paswd){
this.paswd  =  paswd; }
}

Function Overloading
Overloading adalah diperbolehkannya dalam sebuah class memiliki lebih dari satu function  yang  serupa(nama function-nya sama)tetapi deklarasi-deklarasi parameternya berbeda. Contoh : 
class  Latihan2a {
private  Login  login1;
public static void main (String []args){
setLogin(“Erlanders”,”edarma”);
Login  login2  =  new  Login();
setLogin(login2);
}
public   static   setLogin(String   n,   String p){
login1  =  new  Login(n,p);
}
public  static  setLogin(Login  log){
log.setNama(“Bella”);
log.setPaswd(“Be11a”);
}
}

2.3              Post Test Modul 4
Kode Program :

Buat file Laptop.java
public class Laptop {
    private String merk=null, tipe=null;
    private int harga=0;
   
    Laptop(){
        merk="ASUS";
        tipe="A500L";
        harga=6000000;
    }
    Laptop(String merk,String tipe, int harga){
        this.merk=merk;
        this.tipe=tipe;
        this.harga=harga;
    }
    void tampil(){
        System.out.println("Merk  : "+merk);
        System.out.println("Tipe  : "+tipe);
        System.out.println("Harga : Rp."+harga);
    }
}

class toko{
    public static void main(String[] args) {
        Laptop l1,l2;
        l1=new Laptop();
        System.out.println("=====[LAPTOP 1]=====");
        l1.tampil();
        l2=new Laptop("Samsung","S7",10000000);
        System.out.println("=====[LAPTOP 2]=====");
        l2.tampil();
    }
}

Hasil Run Program :




BAB III
PENUTUP


3.1       Kesimpulan
Constructor adalah method khusus yang akan dieksekusi pada saat pembuatan objek (instance). Cara membuat constructor adalah dengan menuliskan nama method constructor sama seperti nama class. Constructor biasanya digunakan untuk initialize (menyiapkan) data untuk class.




DAFTAR PUSTAKA

1.        Modul Pemrograman Berorientasi Objek, Modul 4, FKOM UNIKU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 1)

PROJEK PBO PRADIKA (SEWA KAMERA DSLR)

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 3)