LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK MODUL 4
LAPORAN PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN
BERBASIS OBJEK
MODUL 4
“Construktor”
Disusun Oleh :
NAMA : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM : 20160910027
KELAS : SISTEM
INFORMASI 2016 A
UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur
kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin
kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah
ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah PBO.
Tujuan
utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari
mata kuliah PBO, dan
penulis mengambil judul “Construktor”. Tujuan selanjutnya untuk para
pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi mengenai segala dasar
mengenai bahasa pemrograman Java.
Semoga
dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu
penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik
di masa mendatang.
Akhirnya
penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan
bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat tersusun dengan
baik
Kuningan, Januari 2019
Pradika
Gusti Aryabie
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ................................................................................ i
DAFTAR
ISI ............................................................................................... ii
BAB
I : PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang.................................................................... 1
1.2. Tujuan ................................................................................ 1
BAB II : ISI
2.1. Pengertian
Construktor ....................................................... 2
2.2. Jenis
Construktor ............................................................... 2
2.3. Post Test
Modul 4 .............................................................. 7
BAB III : PENUTUP
3.1. Kesimpulan ........................................................................ 10
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dengan kondisi dunia yang semakin mengglobal,
tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan perkembangan teknologi setiap tahunnya
sudah menjadi barang wajib untuk melakukan inovasi baru dari berbagai variasi
yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Jika kita melihat realita masa sekarang
nampaknya perbaharuan teknologi yang sangat signifikan dan semakin modern,
selalu diikuti oleh penggemar bidang IT. Karena terbukti di zaman sekarang
teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia, baik
dari tingkat pemerintah pusat sampai pemerintah desa, perusahaan, supermarket,
mini market, maupun lembaga pendidikan dari semua jenjang hampir semua mengenal
komputer. Komputer dapat dijadikan sarana belajar dengan konsep e-learning yang
melatih kita untuk belajar mandiri.
Saat
ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan lingkungan
yang semakin luas dan banyak diminati, dan mempunyai nilai ekonomi yang sangat
tinggi yaitu dunia pemrograman komputer. Seperti halnya dunia pemrograman
komputer dikenal banyak bahasa pemrograman komputer, seperti C, C++, Pascal
Basic, Java, dan lain-lain. di anatara
bahasa pemrograman, java adalah yang paling diminati, karena perannya yang
sudah tidak diragukan lagi dan ke eksisannya dalam perkembangan TI. Oleh karena
itu yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bahasa pemrograman java, dan
hal-hal menarik yang ada dalam bahasa pemrograman java.
1.2
Tujuan
Tujuan
dari penyusunan Makalah
ini adalah:
a.
Dapat memahami Konsep Construktor.
BAB II
ISI
2.1
Pengertian Construktor
Constructor
adalah method yang secara otomatis dipanggil/dijalankan pada saat sebuah
class diinstansi. Jika dalam sebuah
class tidak terdapat constructor maka
secara otomatis Java akan membuatkan
sebuah default constructor. Nama constructor harus sama dengan nama class dan
tidak boleh memiliki tipe return value. Sama halnya dengan method, constructor
dapat memiliki satu atau banyak parameter maupun tanpa parameter.
Constructor biasanya digunakan untuk
memberi nilai awal dari atribut-atribut class tersebut. Contoh :
class Login {
private String
nama, paswd;
Login() {
this.nama = “”;
this.paswd = “”;
}
}
2.2
Jenis
Construktor
Mutiple Constructor
Java tidak membatasi jumlah constructor dalam satu
class, sehingga memungkinkan sebuah class memiliki lebih dari satu constructor.
Multiple constructor adalah adanya lebih dari satu contructor untuk sebuah
class.Yang membedakan antara satu constructor dengan constructor lainnya adalah
pada parameternya(nama constructornya sama). Contoh :
class Login {
private String
nama, paswd;
Login() {
this.nama
= “”;
this.paswd =
“”;
}
}
|
Login(String nama,
String paswd){
this.nama =
nama;
this.paswd =
paswd;
}
public void
setNama(String nama){
this.nama =
nama
}
public void
setPaswd(String paswd){
this.paswd =
paswd; }
}
|
Function Overloading
Overloading adalah diperbolehkannya dalam sebuah class
memiliki lebih dari satu function
yang serupa(nama function-nya
sama)tetapi deklarasi-deklarasi parameternya berbeda. Contoh :
class Latihan2a {
private Login
login1;
public
static void main (String []args){
setLogin(“Erlanders”,”edarma”);
Login login2
= new Login();
setLogin(login2);
}
public static
setLogin(String n, String p){
login1 =
new Login(n,p);
}
public static
setLogin(Login log){
log.setNama(“Bella”);
log.setPaswd(“Be11a”);
}
}
2.3
Post Test
Modul 4
Kode Program :
Buat file Laptop.java
public class Laptop {
private String merk=null, tipe=null;
private int harga=0;
Laptop(){
merk="ASUS";
tipe="A500L";
harga=6000000;
}
Laptop(String merk,String tipe, int
harga){
this.merk=merk;
this.tipe=tipe;
this.harga=harga;
}
void tampil(){
System.out.println("Merk : "+merk);
System.out.println("Tipe : "+tipe);
System.out.println("Harga :
Rp."+harga);
}
}
class toko{
public static void main(String[] args) {
Laptop l1,l2;
l1=new Laptop();
System.out.println("=====[LAPTOP
1]=====");
l1.tampil();
l2=new
Laptop("Samsung","S7",10000000);
System.out.println("=====[LAPTOP
2]=====");
l2.tampil();
}
}
|
Hasil Run Program :
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Constructor adalah method khusus yang akan
dieksekusi pada saat pembuatan objek (instance). Cara membuat constructor
adalah dengan menuliskan nama method constructor sama seperti nama class.
Constructor biasanya digunakan untuk initialize (menyiapkan) data untuk class.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Modul
Pemrograman Berorientasi Objek, Modul 4, FKOM UNIKU


Komentar
Posting Komentar