LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK MODUL 8
LAPORAN
PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN
BERBASIS OBJEK
MODUL 8
“Interface”
Disusun Oleh :
NAMA : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM : 20160910027
KELAS : SISTEM
INFORMASI 2016 A
UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur
kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin
kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah
ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah PBO.
Tujuan
utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari
mata kuliah PBO, dan
penulis mengambil judul “Interface”. Tujuan selanjutnya untuk para
pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi mengenai segala dasar
mengenai bahasa pemrograman Java.
Semoga
dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu
penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik
di masa mendatang.
Akhirnya
penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan
bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat tersusun dengan
baik
Kuningan, Januari 2019
Pradika
Gusti Aryabie
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ................................................................................ i
DAFTAR
ISI ............................................................................................... ii
BAB
I : PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang.................................................................... 1
1.2. Tujuan ................................................................................ 1
BAB II : ISI
2.1. Konsep Interface
............................................................... 2
2.2. Post Test
Modul 8 .............................................................. 7
2.3. Tugas
Individu Modul 8
..................................................... 7
BAB III : PENUTUP
3.1. Kesimpulan ........................................................................ 10
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dengan kondisi dunia yang semakin mengglobal,
tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan perkembangan teknologi setiap tahunnya
sudah menjadi barang wajib untuk melakukan inovasi baru dari berbagai variasi
yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Jika kita melihat realita masa sekarang
nampaknya perbaharuan teknologi yang sangat signifikan dan semakin modern,
selalu diikuti oleh penggemar bidang IT. Karena terbukti di zaman sekarang
teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia, baik
dari tingkat pemerintah pusat sampai pemerintah desa, perusahaan, supermarket,
mini market, maupun lembaga pendidikan dari semua jenjang hampir semua mengenal
komputer. Komputer dapat dijadikan sarana belajar dengan konsep e-learning yang
melatih kita untuk belajar mandiri.
Saat
ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan lingkungan
yang semakin luas dan banyak diminati, dan mempunyai nilai ekonomi yang sangat
tinggi yaitu dunia pemrograman komputer. Seperti halnya dunia pemrograman
komputer dikenal banyak bahasa pemrograman komputer, seperti C, C++, Pascal
Basic, Java, dan lain-lain. di anatara
bahasa pemrograman, java adalah yang paling diminati, karena perannya yang sudah
tidak diragukan lagi dan ke eksisannya dalam perkembangan TI. Oleh karena itu
yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bahasa pemrograman java, dan hal-hal
menarik yang ada dalam bahasa pemrograman java.
1.2
Tujuan
Tujuan
dari penyusunan Makalah
ini adalah:
a.
Dapat memahami Konsep Interface pada Java.
BAB II
ISI
2.1
Konsep Interface
Interface adalah
sekumpulan konstanta dana tau deklarasi mothod tanpa munyertakan / menuliskan
body methodnya. Interface bisa digunakan untuk mendeklarasikan koleksi method
dan konstanta yang dapat digunakan oleh satu atau lebih class.
Deklarasi
Interface
Untuk
mendeklarasikan sebuah interface digunakan sintaks :
Interface
namaInterface
{
…………………
//deklarasi konstanta method
…………………
}
Berikut ini adalah
contoh membuat interface Speedometer :
public Interface Speedometer
{
public
void tambahKecepatan();
public
void kurangiKecepatan();
}
Implementasi Interface
Cara menggunakan suatu
interface adalah dengan mengimplementasikan interface tersebut pada class yang
menggunakannya. Selain itu anda juga harus mendefinisikan secara detail
method-method yang ada pada interface tersebut.
2.2
Post Test
Modul 8
Kode Program :
interface
CetakLaporan {
public void
cetakA4();
public void
cetakA3();
}
interface
TampilLaporan {
public void
tampilWeb();
public void
tampilMobile();
}
class
LaporanTahunan implements CetakLaporan, TampilLaporan{
public void
cetakA4(){
System.out.println("Cetak
Laporan di A4");
}
public void
cetakA3(){
System.out.println("Cetak
Laporan di A3");
}
public void
tampilWeb(){
System.out.println("Tampil
di Monitor");
}
public void
tampilMobile(){
System.out.println("Tampil
di Handphone");
}
public static
void main(String[] args) {
// TODO
Auto-generated method stub
LaporanTahunan lt
= new LaporanTahunan();
lt.cetakA3();
lt.cetakA4();
lt.tampilMobile();
lt.tampilWeb();
}
}
|
Hasil Run Program :
2.3 Tugas
Indvidu Modul 8
Kode Program :
package
pertemuan8;
interface
mahasiswa{
public void namaMahasiswa();
}
interface atlit {
public void namaAtlit();
}
interface
wiraswasta {
public void namaWiraswasta();
}
class
MahasiswaSuper implements mahasiswa, atlit, wiraswasta{
public static void main (String [] args){
MahasiswaSuper x = new
MahasiswaSuper();
x.namaMahasiswa();
x.namaAtlit();
x.namaWiraswasta();
}
@Override
public void namaMahasiswa() {
System.out.println("Nama
Mahasiswa : Pradika");
}
@Override
public void namaAtlit() {
System.out.println("Nama
Atlit : Gusti");
}
@Override
public void namaWiraswasta() {
System.out.println("Nama
Wiraswasta : Aryabie");
}
}
|
Hasil Run Program :
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Interface
adalah sekumpulan konstanta dana tau deklarasi mothod tanpa munyertakan /
menuliskan body methodnya. Interface bisa digunakan untuk mendeklarasikan
koleksi method dan konstanta yang dapat digunakan oleh satu atau lebih class.
Cara
menggunakan suatu interface adalah dengan mengimplementasikan interface
tersebut pada class yang menggunakannya. Selain itu anda juga harus mendefinisikan
secara detail method-method yang ada pada interface tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Modul
Pemrograman Berorientasi Objek, Modul 6, FKOM UNIKU
Komentar
Posting Komentar