LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK MODUL 8



LAPORAN PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK
MODUL 8
“Interface”



Disusun Oleh :
NAMA          : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM              : 20160910027
KELAS        : SISTEM INFORMASI 2016 A





UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER




KATA  PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah PBO.
Tujuan utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah PBO, dan penulis mengambil judul “Interface”. Tujuan selanjutnya untuk para pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi mengenai segala dasar mengenai bahasa pemrograman Java.

Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik di masa mendatang.

Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat  tersusun dengan baik


Kuningan, Januari 2019


Pradika Gusti Aryabie



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................ i
DAFTAR ISI ............................................................................................... ii
BAB I      : PENDAHULUAN                                                                     
1.1.  Latar Belakang.................................................................... 1
1.2. Tujuan ................................................................................ 1
BAB II     : ISI
2.1.  Konsep Interface ............................................................... 2
2.2.  Post Test Modul 8 .............................................................. 7
2.3.  Tugas Individu Modul 8 ..................................................... 7
BAB III   : PENUTUP
3.1.   Kesimpulan ........................................................................ 10
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
 Dengan kondisi dunia yang semakin mengglobal, tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan perkembangan teknologi setiap tahunnya sudah menjadi barang wajib untuk melakukan inovasi baru dari berbagai variasi yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Jika kita melihat realita masa sekarang nampaknya perbaharuan teknologi yang sangat signifikan dan semakin modern, selalu diikuti oleh penggemar bidang IT. Karena terbukti di zaman sekarang teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia, baik dari tingkat pemerintah pusat sampai pemerintah desa, perusahaan, supermarket, mini market, maupun lembaga pendidikan dari semua jenjang hampir semua mengenal komputer. Komputer dapat dijadikan sarana belajar dengan konsep e-learning yang melatih kita untuk belajar mandiri.
Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan lingkungan yang semakin luas dan banyak diminati, dan mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi yaitu dunia pemrograman komputer. Seperti halnya dunia pemrograman komputer dikenal banyak bahasa pemrograman komputer, seperti C, C++, Pascal Basic, Java,  dan lain-lain. di anatara bahasa pemrograman, java adalah yang paling diminati, karena perannya yang sudah tidak diragukan lagi dan ke eksisannya dalam perkembangan TI. Oleh karena itu yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bahasa pemrograman java, dan hal-hal menarik yang ada dalam bahasa pemrograman java.
1.2         Tujuan
Tujuan dari penyusunan Makalah ini adalah:
a.        Dapat memahami Konsep Interface pada Java.


BAB II
ISI

2.1              Konsep Interface
Interface adalah sekumpulan konstanta dana tau deklarasi mothod tanpa munyertakan / menuliskan body methodnya. Interface bisa digunakan untuk mendeklarasikan koleksi method dan konstanta yang dapat digunakan oleh satu atau lebih class.
Deklarasi Interface
Untuk mendeklarasikan sebuah interface digunakan sintaks :
Interface namaInterface
{
………………… //deklarasi konstanta method
…………………
}

Berikut ini adalah contoh membuat interface Speedometer :
 public Interface Speedometer
{
public void tambahKecepatan();
public void kurangiKecepatan();
}

Implementasi Interface
Cara menggunakan suatu interface adalah dengan mengimplementasikan interface tersebut pada class yang menggunakannya. Selain itu anda juga harus mendefinisikan secara detail method-method yang ada pada interface tersebut.

2.2              Post Test Modul 8
Kode Program :

interface CetakLaporan {
public void cetakA4();
public void cetakA3();
}
interface TampilLaporan {
public void tampilWeb();
public void tampilMobile();
}
class LaporanTahunan implements CetakLaporan, TampilLaporan{
public void cetakA4(){
System.out.println("Cetak Laporan di A4");
}
public void cetakA3(){
System.out.println("Cetak Laporan di A3");
}
public void tampilWeb(){
System.out.println("Tampil di Monitor");
}
public void tampilMobile(){
System.out.println("Tampil di Handphone");
}
public static void main(String[] args) {
// TODO Auto-generated method stub

LaporanTahunan lt = new LaporanTahunan();
lt.cetakA3();
lt.cetakA4();
lt.tampilMobile();
lt.tampilWeb();
}
}

Hasil Run Program :






     2.3  Tugas Indvidu Modul 8
Kode Program :

package pertemuan8;
interface mahasiswa{
    public void namaMahasiswa();
}
interface atlit {
    public void namaAtlit();
}
interface wiraswasta {
    public void namaWiraswasta();
}
class MahasiswaSuper implements mahasiswa, atlit, wiraswasta{
    public static void main (String [] args){
        MahasiswaSuper x = new MahasiswaSuper();
        x.namaMahasiswa();
        x.namaAtlit();
        x.namaWiraswasta();
    }
    @Override
    public void namaMahasiswa() {
        System.out.println("Nama Mahasiswa  : Pradika");
    }
    @Override
    public void namaAtlit() {
        System.out.println("Nama Atlit      : Gusti");
    }
    @Override
    public void namaWiraswasta() {
        System.out.println("Nama Wiraswasta : Aryabie");
    }
}

Hasil Run Program :


BAB III
PENUTUP


3.1       Kesimpulan
Interface adalah sekumpulan konstanta dana tau deklarasi mothod tanpa munyertakan / menuliskan body methodnya. Interface bisa digunakan untuk mendeklarasikan koleksi method dan konstanta yang dapat digunakan oleh satu atau lebih class.
Cara menggunakan suatu interface adalah dengan mengimplementasikan interface tersebut pada class yang menggunakannya. Selain itu anda juga harus mendefinisikan secara detail method-method yang ada pada interface tersebut.



DAFTAR PUSTAKA

1.        Modul Pemrograman Berorientasi Objek, Modul 6, FKOM UNIKU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 1)

PROJEK PBO PRADIKA (SEWA KAMERA DSLR)

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 3)