LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK MODUL 9


LAPORAN PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK
MODUL 9
“I/O Stream”



Disusun Oleh :
NAMA          : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM              : 20160910027
KELAS        : SISTEM INFORMASI 2016 A





UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER




KATA  PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah PBO.
Tujuan utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah PBO, dan penulis mengambil judul “I/O Stream”. Tujuan selanjutnya untuk para pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi mengenai segala dasar mengenai bahasa pemrograman Java.

Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik di masa mendatang.

Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat  tersusun dengan baik


Kuningan, Januari 2019


Pradika Gusti Aryabie



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................ i
DAFTAR ISI ............................................................................................... ii
BAB I      : PENDAHULUAN                                                                     
1.1.  Latar Belakang.................................................................... 1
1.2. Tujuan ................................................................................ 1
BAB II     : ISI
2.1.  Konsep I/O Straeam ........................................................... 2
2.2.  Post Test Modul 9 .............................................................. 7
BAB III   : PENUTUP
3.1.   Kesimpulan ........................................................................ 10
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
 Dengan kondisi dunia yang semakin mengglobal, tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan perkembangan teknologi setiap tahunnya sudah menjadi barang wajib untuk melakukan inovasi baru dari berbagai variasi yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Jika kita melihat realita masa sekarang nampaknya perbaharuan teknologi yang sangat signifikan dan semakin modern, selalu diikuti oleh penggemar bidang IT. Karena terbukti di zaman sekarang teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia, baik dari tingkat pemerintah pusat sampai pemerintah desa, perusahaan, supermarket, mini market, maupun lembaga pendidikan dari semua jenjang hampir semua mengenal komputer. Komputer dapat dijadikan sarana belajar dengan konsep e-learning yang melatih kita untuk belajar mandiri.
Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan lingkungan yang semakin luas dan banyak diminati, dan mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi yaitu dunia pemrograman komputer. Seperti halnya dunia pemrograman komputer dikenal banyak bahasa pemrograman komputer, seperti C, C++, Pascal Basic, Java,  dan lain-lain. di anatara bahasa pemrograman, java adalah yang paling diminati, karena perannya yang sudah tidak diragukan lagi dan ke eksisannya dalam perkembangan TI. Oleh karena itu yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bahasa pemrograman java, dan hal-hal menarik yang ada dalam bahasa pemrograman java.
1.2         Tujuan
Tujuan dari penyusunan Makalah ini adalah:
a.        Dapat memahami Konsep I/O Stream pada Java.


BAB II
ISI

2.1              Konsep I/O Stream
 I/O -> adalah singkatan dari Input / Output dan mengacu pada transfer data ke atau dari aplikasi. Stream -> Keadaan dari sebuah file atau sebuah device yang memungkinkan rangkaian item dapat dibaca atau ditulis
Input atau Stream Sumber
- Dari stream ini dapat membaca
- Superclass dari semua input streams:
* Class InputStream
* Class Reader
Output
- Kita dapat menulis pada stream ini
- Class root dari stream ini:
* Class OutputStream
* Class Writer 
Overview I/O   
1. Konsep Stream        
2. Kelas Abstrak pada java.io 
3. Reader/Writer          
4. Input dan Output file          
5. Wrapper      

1. Konsep Stream      
Stream adalah suatu abstraksi untuk data input dan output.(interface) adalah cara program dan user berkomunikasi dan salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI). Istilah user interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang terlihat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard (atau mouse) merupakan bagian dari user interface atau bisa dibilang desktop niver.

2.2              Post Test Modul 9
Kode Program :

import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class posttest {
    public static void main(String[] args) throws IOException {
        String alamat;
        System.out.println("Alamat Anda : ");
        BufferedReader br=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
        alamat=br.readLine();
        System.out.println("Alamat Anda : "+alamat);
    }
}

Hasil Run Program :


BAB III
PENUTUP


3.1       Kesimpulan
I/O adalah singkatan dari Input / Output dan mengacu pada transfer data ke atau dari aplikasi. Stream adalah Keadaan dari sebuah file atau sebuah device yang memungkinkan rangkaian item dapat dibaca atau ditulis.
            Stream adalah suatu abstraksi untuk data input dan output.(interface) adalah cara program dan user berkomunikasi dan salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi.




DAFTAR PUSTAKA

1.        Modul Pemrograman Berorientasi Objek, Modul 9, FKOM UNIKU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 1)

PROJEK PBO PRADIKA (SEWA KAMERA DSLR)

MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA (MODUL 3)