LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK MODUL 9
LAPORAN
PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN
BERBASIS OBJEK
MODUL 9
“I/O Stream”
Disusun Oleh :
NAMA : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM : 20160910027
KELAS : SISTEM
INFORMASI 2016 A
UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur
kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin
kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah
ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah PBO.
Tujuan
utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari
mata kuliah PBO, dan
penulis mengambil judul “I/O
Stream”.
Tujuan
selanjutnya untuk para pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi
mengenai segala
dasar mengenai bahasa pemrograman Java.
Semoga
dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu
penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik
di masa mendatang.
Akhirnya
penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan
bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat tersusun dengan
baik
Kuningan, Januari 2019
Pradika
Gusti Aryabie
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ................................................................................ i
DAFTAR
ISI ............................................................................................... ii
BAB
I : PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang.................................................................... 1
1.2. Tujuan ................................................................................ 1
BAB II : ISI
2.1. Konsep I/O
Straeam ........................................................... 2
2.2. Post Test
Modul 9 .............................................................. 7
BAB III : PENUTUP
3.1. Kesimpulan ........................................................................ 10
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dengan kondisi dunia yang semakin mengglobal,
tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan perkembangan teknologi setiap tahunnya
sudah menjadi barang wajib untuk melakukan inovasi baru dari berbagai variasi
yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Jika kita melihat realita masa sekarang
nampaknya perbaharuan teknologi yang sangat signifikan dan semakin modern,
selalu diikuti oleh penggemar bidang IT. Karena terbukti di zaman sekarang
teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia, baik
dari tingkat pemerintah pusat sampai pemerintah desa, perusahaan, supermarket,
mini market, maupun lembaga pendidikan dari semua jenjang hampir semua mengenal
komputer. Komputer dapat dijadikan sarana belajar dengan konsep e-learning yang
melatih kita untuk belajar mandiri.
Saat
ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan lingkungan
yang semakin luas dan banyak diminati, dan mempunyai nilai ekonomi yang sangat
tinggi yaitu dunia pemrograman komputer. Seperti halnya dunia pemrograman
komputer dikenal banyak bahasa pemrograman komputer, seperti C, C++, Pascal
Basic, Java, dan lain-lain. di anatara
bahasa pemrograman, java adalah yang paling diminati, karena perannya yang
sudah tidak diragukan lagi dan ke eksisannya dalam perkembangan TI. Oleh karena
itu yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bahasa pemrograman java, dan
hal-hal menarik yang ada dalam bahasa pemrograman java.
1.2
Tujuan
Tujuan
dari penyusunan Makalah
ini adalah:
a.
Dapat memahami Konsep I/O Stream pada Java.
BAB II
ISI
2.1
Konsep I/O Stream
I/O
-> adalah singkatan dari Input
/ Output dan mengacu pada transfer data ke atau dari aplikasi. Stream -> Keadaan dari sebuah file atau
sebuah device yang memungkinkan rangkaian item dapat dibaca atau ditulis
Input atau Stream
Sumber
- Dari stream ini
dapat membaca
- Superclass dari
semua input streams:
* Class InputStream
* Class Reader
Output
- Kita dapat menulis
pada stream ini
- Class root dari
stream ini:
* Class OutputStream
* Class Writer
Overview
I/O
1. Konsep Stream
2. Kelas Abstrak pada java.io
3. Reader/Writer
4. Input dan Output file
5. Wrapper
1. Konsep Stream
Stream adalah suatu abstraksi untuk data input dan output.(interface) adalah cara program dan user berkomunikasi dan salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI). Istilah user interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang terlihat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard (atau mouse) merupakan bagian dari user interface atau bisa dibilang desktop niver.
1. Konsep Stream
2. Kelas Abstrak pada java.io
3. Reader/Writer
4. Input dan Output file
5. Wrapper
1. Konsep Stream
Stream adalah suatu abstraksi untuk data input dan output.(interface) adalah cara program dan user berkomunikasi dan salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI). Istilah user interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang terlihat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard (atau mouse) merupakan bagian dari user interface atau bisa dibilang desktop niver.
2.2
Post Test
Modul 9
Kode Program :
import
java.io.BufferedReader;
import
java.io.InputStreamReader;
import
java.io.IOException;
public
class posttest {
public static void main(String[] args)
throws IOException {
String alamat;
System.out.println("Alamat Anda
: ");
BufferedReader br=new
BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
alamat=br.readLine();
System.out.println("Alamat Anda
: "+alamat);
}
}
|
Hasil Run Program :
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
I/O adalah singkatan
dari Input / Output dan mengacu pada transfer data ke atau dari aplikasi. Stream adalah Keadaan dari sebuah file
atau sebuah device yang memungkinkan rangkaian item dapat dibaca atau ditulis.
Stream adalah
suatu abstraksi untuk data input dan output.(interface) adalah cara program
dan user berkomunikasi dan salah satu layanan yang disediakan sistem operasi
sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Modul
Pemrograman Berorientasi Objek, Modul 9, FKOM UNIKU
Komentar
Posting Komentar