LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK MODUL 10
LAPORAN
PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN
BERBASIS OBJEK
MODUL 10
“GUI”
Disusun Oleh :
NAMA : PRADIKA GUSTI ARYABIE
NIM : 20160910027
KELAS : SISTEM
INFORMASI 2016 A
UNIVERSITAS KUNINGAN
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur
kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin
kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah
ini dengan baik guna memenuhi tugas dalam mata kuliah PBO.
Tujuan
utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari
mata kuliah PBO, dan
penulis mengambil judul “GUI”. Tujuan selanjutnya untuk para
pembaca agar lebih paham dan mengetahui lagi mengenai segala dasar
mengenai bahasa pemrograman Java.
Semoga
dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu
penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik
di masa mendatang.
Akhirnya
penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan
bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga makalah ini dapat tersusun dengan
baik
Kuningan, Januari 2019
Pradika
Gusti Aryabie
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ................................................................................ i
DAFTAR
ISI ............................................................................................... ii
BAB
I : PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang.................................................................... 1
1.2. Tujuan ................................................................................ 1
BAB II : ISI
2.1. Konsep GUI
pada Java ...................................................... 2
2.2. Post Test
Modul 9 .............................................................. 7
BAB III : PENUTUP
3.1. Kesimpulan ........................................................................ 10
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dengan kondisi dunia yang semakin mengglobal,
tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan perkembangan teknologi setiap tahunnya
sudah menjadi barang wajib untuk melakukan inovasi baru dari berbagai variasi
yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Jika kita melihat realita masa sekarang
nampaknya perbaharuan teknologi yang sangat signifikan dan semakin modern,
selalu diikuti oleh penggemar bidang IT. Karena terbukti di zaman sekarang
teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia, baik
dari tingkat pemerintah pusat sampai pemerintah desa, perusahaan, supermarket,
mini market, maupun lembaga pendidikan dari semua jenjang hampir semua mengenal
komputer. Komputer dapat dijadikan sarana belajar dengan konsep e-learning yang
melatih kita untuk belajar mandiri.
Saat
ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan lingkungan
yang semakin luas dan banyak diminati, dan mempunyai nilai ekonomi yang sangat
tinggi yaitu dunia pemrograman komputer. Seperti halnya dunia pemrograman
komputer dikenal banyak bahasa pemrograman komputer, seperti C, C++, Pascal
Basic, Java, dan lain-lain. di anatara
bahasa pemrograman, java adalah yang paling diminati, karena perannya yang sudah
tidak diragukan lagi dan ke eksisannya dalam perkembangan TI. Oleh karena itu
yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bahasa pemrograman java, dan hal-hal
menarik yang ada dalam bahasa pemrograman java.
1.2
Tujuan
Tujuan
dari penyusunan Makalah
ini adalah:
a.
Dapat memahami Konsep GUI pada Java.
BAB II
ISI
2.1
Konsep GUI
GUI (Graphical User Interface) merupakan tampilan grafis yang mengandung
alat-alat atau komponen-komponen yang memampukan pengguna untuk melakukan
pekerjaan interaktif. GUI (Graphical User Interface) software yang dikembangkan
oleh para peneliti di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) di tahun 70-an.
GUI di kembangkan dengan tujuan pengguna berinteraksi dengan perangkat keras
computer serta memudahkan dalam mengoprasikan sebuah system operasi (user
friendly).
GUI (Graphical User User Interface)
berkerja dengan cara setiap komponen, dan GUI tersebut, diasosiasikan dengan
satu atau lebih rutin yang ditulis pengguna yang dikenal sebagai callback.
Eksekusi setiap callback dipicu oleh aksi tertentu dari pengguna seperti tombol
ditekan, klik-an mouse, pemilihan menu item, atau cursor melewati sebuah
komponen. Kita sebagai GUI, yang menyediakan callback tersebut. Callback
merupakan fungsi yang kita tulis dan asosiasikan dengan sebuah komponen
tertentu pada GUI atau dengan GUI itu sendiri. Callback mengontrol sifat GUI
atau komponen dengan melakukan beberapa aksi untuk merespon kejadian pada
komponennya tersebut. Kejadian dapat berupa mouse diklik pada sebuah push
button, pemilihan menu, keyboard ditekan, etc.
GUI atau Graphical Unit Interface,
merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software,
dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software
tersebut. Kita dapat menyebut GUI sebagai bagian dari suatu software yang
pertama kali ditangkap mata. Suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI
tersebut tampak menarik
Fungsi Java GUI (Graphical User Interface) :
• Menciptakan Layar / Windows
• Menciptakan Komponen grafis
• Mengorganisasikan Komponen pada ruang kerja frame window
• Memberikan properti, event, dan respon pada window ataupun komponen
Komponen Utama GUI java adalah JFC (Java Fundamental Class):
Fungsi Java GUI (Graphical User Interface) :
• Menciptakan Layar / Windows
• Menciptakan Komponen grafis
• Mengorganisasikan Komponen pada ruang kerja frame window
• Memberikan properti, event, dan respon pada window ataupun komponen
Komponen Utama GUI java adalah JFC (Java Fundamental Class):
Koordinat GUI
AWT (Abstract Windows Toolkit)
merupakan paket dasar dalam pembentukan GUI dengan menggunakan platform yang terdapat
dalam masing-masing OS (native resource) Paket dasar : java.awt.component
Swing Product SUN dalam membangun
GUI yang Independent sehingga bersifat cross platform dalam tampilan window
yang dihasilkan. Paket dasar: javax.swing.Jcomponent
Event Handler Aksi-reaksi yang
diberikan pada tiap-tiap komponen GUI
2.2
Post Test
Modul 10
Kode Program :
|
Hasil Run Program :
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
GUI
(Graphical User Interface) merupakan
tampilan grafis yang mengandung alat-alat atau komponen-komponen yang
memampukan pengguna untuk melakukan pekerjaan interaktif.
GUI
atau Graphical Unit Interface, merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan
fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami
bagaimana menggunakan software tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Modul
Pemrograman Berorientasi Objek, Modul 10, FKOM UNIKU
Komentar
Posting Komentar